PEMKAB TALA

Lahan Kering Dikembangakan Padi Gogo

INFOTANAHLAUT.COM- Pasca kunjungan Direktorat Jenderal (Dirjen) Pangan pada Kementerian Pertanian beberapa bulan lalu ke Desa Kandangan Lama di Kecamatan Panyipatan yang fokus pada pengembangan jenis padi Gogo di lahan kering, maka sejalan dengan itu melaju Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (Distanholbun) Tanah Laut gayung bersambut. Melalui program gerakan percepatan tanam, langkah pengembangan lahan kering pun di mulai.
Kamis,(4/10) kemarin Bupati Tanah Laut H.Sukamta menghadiri kegiatan gerakan percepatan tanam padi lahan kering dan optimalisasi pemanfaatan lahan Desa Kandangan Lama Kecamatan Panyipatan, serta melakukan temu lapang penerapan teknologi peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai.
Di kesempatan tersebut, di serahkan bantuan kegiatan APBN TP pengembangan bawang merah dan aneka cabai tahun 2018. Untuk pengembangan bawang merah di serahkan bibit bawang merah kepada 3 Kelompok Tani (Poktan) yakni Poktan Bina Tani Desa Batu Tungku, Poktan Sinar Tani Desa Bumi Asih dan Poktan Abadi Desa Batu Tungku. Sementara itu untuk pengembangan aneka cabai, bantuan berupa bibit cabai di serahkan kepada Poktan Sekar Sari Desa Sukaramah. Di serahkan pula Al sintan berupa Cultivator sebanyak dua buah untuk Poktan Sumber Rejeki II Desa Batu Mulia dan Poktan Bailung Desa Kandangan Lama serta penyerahan benih padi untuk Poktan Teluk Rambai, benih jagung untuk Poktan Paku serta Hand Tractor untuk Poktan Batang Banyu Ulu, Pompa Air untuk Poktan Tunas Mandiri, alat pengolahan asap cair untuk Gapoktan Karya Bersama.
Kemudian penyerahan klaim asuransi usaha tani padi dari PT. Jasindo yang di serahkan kepada Poktan Putri Mayang sebesar Rp 102.000.000, Poktan Berkat Mufakat sebesar Rp 211.800.000, Poktan Mayang Maurai sebesar Rp 115.920.000, Poktan Cinta Maju sebesar 37.800.000 serta Poktan Karya Maju sebesar Rp 31.560.000.
Pada kesempatan itu Bupati Tala H.Sukamta mengatakan, semangat pemerintah harus di iringi dengan semangat para petani.
“Melihat pada kemajuan pola pikir dan semangat menanam warga Desa Kandangan Lama sudah terjadi perubahan yang sangat luar biasa, dan ini harus di lengkapi dengan adanya asuransi lahan dalam 1 hektar cuma Rp 36 ribu rupiah,”kata Bupati.
Turut berhadir Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Tala Ahmad Mustadi, Direktur Persiapan dan Pengolahan Lahan Dirjen Sarana dan Prasarana Pertanian, Kementrian Pertanian RI Indah Megawati, Dandim 1009 Pelaihari Letkol Infanteri Bagus Budi Adrianto, Camat Panyipatan M.Sahid serta para anggota Poktan dan masyarakat setempat.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook