PERISTIWA

Lahan Perbatasan Jorong Kintap Terbakar

INFOTANAHLAUT.COM-Lahan perkebunan kelapa sawit yang sebagian di tumbuhi rumput ilalang dan berada di tepi Jalan A.Yani perbatasan Kecamatan Jorong dan Kecamatan Kintap tepatnya di Desa Pandan Sari,Jum’at (15/09/2018) sekitar pukul 13.30 wita terbakar.
Dalam tiupan angin yang kencang membuat kobaran api kian membesar hingga membakar pepohan lain berikut sebgagian tanaman kelapa sawit serta tidak ketinggalan membakar bekas bangunan rumah kayu kosong yang sudah terlihat rusak. Api pun kian membesar makanala api menyambar rumah kayu kosong beratapkan daun rumbia yang sudah kering.
Akibat kebakaran lahan juga mengganggu arus lalu lintas setempat karena menimbulkan asap tebal melintasi jalan raya. Pengendara roda dua,empat dan enam pun terpaksa lebih memilih berhenti sejenak karena jarak pandang tertutup sambil menunggu asap berlalu.
Sebagian warga setempat berupaya memadamkan api dengan menggunakan ranting-ranting pohon agar api tidak melebar,karena di sekitar tanaman kelapa sawit terdapat rimbunnya rumput ilalang, disamping itu juga ada terdapat sebuah warung minum dan makanan yang hanya berjarak kurang lebih 30 meter.
Warga mencoba untuk menghubungi BPBD pos Kintap dan beberapa saat armada pemadam BPBD pos Kintap pun tiba di lokasi kebakaran.
Ahmad Sairi, warga setempat menuturkan, kebakaran lahan di wilayah Kecamatan Kintap memang dalam 1 bulan terakhir ini selalu terbakar, namun untungnya tidak sampai merembet ke pemukiman dan kebakaran terjadi pada siang hari.
“Tidak jauh dari lokasi yang kebakaran lahan itu juga beberapa hari yang lalu terbakar,”terangnya.
Pemadaman kebakaran lahan perkebunan kelapa sawit dapat di atasi setelah armada pos BPBD Kecamatan Kintap di bantu 1 unit mobil tanki milik perusahaan melakukan penyemprotan berikut di bantu anggota Bhabinkamtibmas Desa Pandan Sari dari Polsek Kintap Bripka Ali Rahman, Koramil Kintap, karyawan PT. Darmahenwa serta masyarakat sekitar.Tung

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook