PENDIDIKAN

Lahirnya Zonasi Pendidikan Untuk Pemerataan

INFOTANAHLAUT.COM- Hasil dari konsultasi ke Kementerian Pendidikan yang dilakukan oleh komisi 2 DPRD Tala beberapa waktu lalu bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tala, yakni tentang adanya zonasi pendidikan.
Seperti apa zonasi pendidikan tersebut ?
Ketua komisi 2 DPRD Tala Made Lutra, Selasa (31/07/2018) mengatakan,adanya sistem zonasi sebenarnya bertujuan untuk jangka panjang dalam hal pemerataan bidang pendidikan yang di dalamnya menyangkut fasilitas,penyaluran bantuan baik dari Pemerintah Daerah maupun pihak swasta ke sekolah dan pemerataan distribusi guru.
“zonasi pendidikan berlaku bagi sekolah tingkat SD,SMP dan SMA,”kata Made.
Ia menjelaskan, sistem zonasi juga ada jarak,yakni bagi masyarakat yang berdomisili di sebuah wilayah maka sekolah terdekat wajib memprioritaskan untuk mendaftarkan anaknya ke sekolah terdekat,karena kadang ada saja warga dari luar wilayah yang ingin mensekolahkan anaknya ke sekolah favourite yang ada di wilayah tersebut. Zonasi pendidikan juga memperkenankan hanya 10 persen menerima siswa pindahan dari sekolah lain,dengan harapan murid yang pintar dan berprestasi dapat menyebar.
Sementara di akui tentang distribusi guru atau rotasi guru itu sangat berat, namun rotasi mau tidak mau harus dilaksanakan,di samping Kabupaten Tanah Laut juga masih kekurangan tenaga guru.
Intinya prinsip dasar yang menyangkut lahirnya sistem zonasi yakni pemerataan siswa sekolah karena selama ini ada sekolah yang kelebihan siswa sementara sekolah yang lain sedikit siswanya. Menyangkut guru,ada sekolah yang gurunya PNS banyak dan ada guru yang PNS nya cuma satu itupun hanya kepala sekolahnya. Kemudian pemerataan kemampuan IT di semua sekolah. Pemerataan bangunan gedung sekolah berikut sarana dan prasarananya serta terbaginya siswa-siswa yang pintar di tiap-tiap wilayah atau kecamatan.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook