PUBLIK

Lanjutan Median Jalan Tunggu Balai Jalan Menyambungnya

INFOTANAHLAUT.COM- Median jalan yang sekarang ini hanya sepanjang kurang lebih 5.00 meter bertenggger di tengah-tengah Jalan A.Yani, dari Tugu PKK hingga sampai samping kanan kantor Kodim 1009 Pelaihari, tinggal menunggu Balai Jalan Provinsi Kalsel untuk melanjutkan sisanya sepajang kurang lebih 1,8 km hingga sampai ke Tugu Simpang 3 SPBU Angsau.
Namun belakangan ini keadaan beton median Jalan A.Yani tidak jauh dari markas Kodim 1009 Pelaihari (Depan Jalan Berkat) mengalami kerusakan, di duga hancurnya beton median jalan itu di tabrak oleh truk. Kerusakan median jalan tersebut menjadi kewenangan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Tanah Laut di bidang Bina Marga yang melakukan maintenance (perawatan) atas kerusakannya. Kerusakannya tidak terlalu parah, namun jika di biarkan cukup membahayakan pengguna jalan lantaran ada beberapa beton berbentuk segi empat tersebut terlepas walau berada nempel dengan beton lainnya yang tidak rusak.
Informasi di himpun pada warga sekitar menyebutkan kerusakan beton median jalan di tabrak oleh sebuah truk di waktu subuh.
Atas kerusakan beton median jalan tersebut, bidang Bina Marga DPUPRP Tala pun ambil reaksi cepat melakukan perbaikan, al hasil kondisi beton-beton median jalan yang rusak pun kembali normal. Hanya saja lampu yang di pasang di sudut median jalan tidak ada lagi, padahal oleh Bina Marga telah terpasang yang funsinya sebagai tanda ada median jalan bagi arus lalu lintas pada malam hari.
Rabu (24/10/2018) Kepala Bidang Bina Marga Mirza Fazrina mengatakan, memang awalnya untuk aset merupakan kewenangan Balai Jalan Provinsi Kalsel karena itu merupakan jalan nasional.
Lantas apa ada rencana untuk melanjutkan median jalan tersebut ?
Menurut Mirza, untuk kelanjutan kabarnya masih terkendala dana di Balai Jalan provinsi Kalsel, sehingga kelanjutan penambahan median jalan pun bertahap di teruskan karena aset belum di serahkan ke provinsi, dan dengan meminimalkan dana daerah sehingga kerusakan tersebut kewenangan daerahlah yang memeliharanya.
“Dengan median yang sudah ada sebenarnya seyogianya oleh Balai Jalan dapat melanjutkan median jalan hingga sampa ke Tugu SPBU Angsau, disamping juga masih menunggu intruksi dari bupati Tala agar adanya estetika kota,”kata Mirza.
Ia menambahkan, asetnya sendiri adalah pinjam pakai dengan Balai Jalan,seharusnya mereka menganggarkan kembali atas lanjutan median jalan tersebut karena kalau daerah yang berperan, dana daerah sendiri terbatas, akan tetapi sejauh ini belum ada respon dari Balai Jalan. Memang ada kabar di wacanakan pada tahun 2019 atau 2020 lanjutan median jalan di teruskan.
Sementara itu Jali warga sekitar Jala A.Yani menuturkan, keberadaan median jalan jelaslah sangat penting untuk keselamatan pengguna jalan raya. Beberapa warga sekitar pun kadang mempertanyakan kenapa pemasangan median jalan tersebut tidak tuntas sampai simpang Tugu SPBU Angsau, terkesan pengerjaan yang tanggung alias tidak selesai. Padahal jika selesai sampai simpang Tugu SPBU Angsau pemandangan memasuki kota Pelaihari jadi indah karena pasti di tengah-tengah median jalan di pasang lampu-lampu hias berikut dengan tanaman hias pula.
Atas aspirasi warga, bupati Tala H.Sukamta di konfirmasi usai melepas pawai kirab pemuda 2018 di halaman stadion Pertasi Kencana Pelaihari mengatakan, terhadap median jalan memang akan di selesaikan hingga simpang Tugu SPBU Angsau.
“Tahun ini tidak mungkin untuk di kerjakan karena waktunya tidak memungkinkan, dan mungkin di tahun depan. Mengenai anggarannya mungkin nanti bisa sharing dengan Balai Jalan Provinsi dan APBD Tanah Laut,”kata bupati.
Saat ini Jalan A.Yani yang belum ada median jalannya sudah lebar kurang lebih 8 meter.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook