PENDIDIKAN

Laptop Seharga Rp 9 Milyar Ada Didisdikbud

INFOTANAHLAUT.COM-Keperluan untuk pelaksanaan Ujian Negara Berbasis Komputer (UNBK) bagi tingkat pelajar SMP pada bulan April 2019 ini telah di lengkapi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Tala salah satunya dengan sarana komputer jinjing atau laptop.
Pada tahap pertama sebanyak 500 unit laptop dari Jakarta telah tiba di kantor Disdikbud Tala Jalan Datu Insad, dan pada tahap keduanya akan datang lagi sebanyak 500 unit laptop. Ratusan unit laptop yang tiba di kantor Disdikbud itupun langsung dilakukan pengecekan oleh tim IT Disdikbud Tala bersama pihak Pejabat Pemeriksa Hasil Pekerjaan (PPHP) Kabupaten Tanah Laut.
Pemeriksaan dilakukan untuk melihat spesifikasi laptop, kemudian memberikan tulisan menggunakan cat semprot warna putih pada bodi layar laptop yang bertuliskan “DAK Disdikbud Tala Tahun Anggaran tahun 2019 dan APBD Disdikbud Tala tahun anggaran 2019”, karena memang dua mata anggaran tersebutlah yang membiayai pengadaan laptop untuk UNBK hingga sampai parkir di kantor Disdikbud Tala.
Laptop merek Lenovo V 130-141 KB Intel CORE i3-7020U4 GB 1 TB Win 10 Home warna hitam dilakukan pengecekan oleh tim IT Disdikbud pada sistem office, operation sistem, koneksi ke internet dan lainnya sebelum di distribusikan ke sekolah-sekolah yang melaksanakan UNBK, terang kepala bidang Bina Dikdas Titi Wijayanti, MPd Disdikbud Tala, Jum’at (8/3/2019) sore di sela-sela pengecekan berlangsung di gudang UNBK Disdikbud Tala.
Ia menambahkan, kendala yang sering di hadapi adalah koneksi jaringan internet. Untuk itulah Disdikbud akan melakukan rapat koordinasi bersama provaider jaringan komunikasi internet seperti Telkomsel agar kelak dalam pelaksanaan UNBK tidak sampai mengalami gangguan koneksi internet, termasuk pula dengan pihak PLN agar bisa kiranya mengakomodir masalah listrik untuk tidak terjadi pemadaman listrik saat UNBK berlangsung. Tidak ketinggalan dari pihak Polres Tala juga di libatkan, karena laptop-laptop tersebut nantinya akan di tinggal pada sekolah-sekolah pelaksana UNBK, sehingga di butuhkan pengamanan ekstra dari Kepolisian.
Menurut Titi pula, jika semua cek dan ricek selesai maka paling cepat pada Senin (11/3/2019) mendatang laptop-laptop tersebut di disrtibusikan ke sekolah-sekolah yang melaksanakan UNBK.
Sementara itu, kepala Disdikbud Tala Abdillah di konfirmasi beberapa waktu lalu mengungkapkan, persiapan sudah maksimal dilakukan mulai dari persiapan siswanya, guru-gurunya dalam rangka untuk melakukan bimbingan kepada siswa utamanya menyangkut pada pelatihan-pelatihan bidang SKL, dan untuk siswa sendiri sudah dilakukan beberapa simulasi.
“Tahun ini UNBK di gelar 100 persen, baik SMP, Kesetaraan dan Tsanawiyah. Pada tahun 2018 lalu hanya ada 11 SMP yang melaksanakan UMBK, walaupun di antaranya masih ada sekolah yang gabung dan ada yang sudah mandiri. Pemkab Tala dalam hal ini Disdikbud telah menyediakan laptop untuk pelaksanaan UNBK, yang selanjutnya di distribusikan ke sekolah sesuai kebutuhan,”jelas Abdillah.
Secara keseluruhan, jumlah laptop yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) ada sebanyak 918 unit laptop, dan dari sumber dana APBD Tala sebanyak 444 unit laptop, total laptop sebanyak 1.362 unit. Ribuan unit laptop tersebut telah menyedot anggaran DAK 2019 sebesar Rp 6 milyar rupiah, sementara sokongan dari APBD Tala 2019 sebesar Rp 3 milyar rupiah. Dari DAK ada 27 sekolah, dimana masing-masing sekolah mendapat 34 unit laptop, dan dari APBD ada 20-an sekolah, ada 10, 20, dan 30 unit laptop yang menerima. Baik dari DAK maupun APBD spesifikasi laptopnya juga sama.Tung

5
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook