PEMERINTAHAN

Lebih Dari 5 Calon Kades, Jalani Tes Tertulis

INFOTANAHLAUT.COM-Sebanyak 48 orang calon kepala desa yang akan mengikuti pemilihan kepala desa secara serentak pada bulan November mendatang di 53 desa di Kabupaten Tanah Laut, Kamis (7/9) di gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Pelaihari menjalani tes tertulis. Tes tertulis tersebut di ikuti bagi calon kades yang keberadaan calonnya lebih dari 5 orang.
Dalam pelaksanaan tes tertulis oleh pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tanah Laut hanya memfasilitasi pelaksanaan tes, karena sepenuhnya di serahkan kepada panitia pemilihan desa masing-masing.
Kepala DPMD Talq M. Hanil di sela-sela pelaksanaan tes mengatakan, pelaksanaan tes tertulis ini sendiri telah sesuai dengan undang-undang desa dan peraturan lainnya.
” untuk penilaiannya sendriri memang ada beberapa variabel, mulai dari pendidikan, pengalaman kerja dan usia di tambah dengan hasil nilai tesnya, baru dari hasil skoring di ambil 1 sampai 5,” jelas Hanil.
Dari 48 calon kepala desa yang mengikuti tes tertulis itu peserta dari Kecamatan Jorong, Takisung, Bati-Bati, Kintap dan Bajuin.
Di Kecamatan Jorong, calon kadesa yang mengikuti ada 2 desa yakni Desa Jorong calon 7 orang dan Desa Karang Rejo calonnya ada 7 orang. Kecamatan Takisung Desa Ranggang calonnya 6 orang. Kecamatan Bati-Bati Desa Banyu Irang calon kadesnya 10 orang, Kecamatan Bajuin calon kadesnya 6 orang, dan Kecamatan Kintap calon kadesnya 12 orang.
Dalam pelaksanaan tes tertulis calon kades tersebut turut di saksikan langsung oleh wakil bupati Tala H Sukamta.
Kepada sejumlah wartawan wakil bupati Tala H.Sukamta mengatakan, ini adalah proses demokrasi yang harus di junjung tinggi, dan bagi yang memang tidak lulus untuk tidak kecewa karena prosea penilaian juga transparan.
” jangan pula menciptakan isu-isu yang dapat merusak persatuan dan kesatuan di desa, justru harus memunculkan isu-isu positif untuk membangunan desa masing-masing,” ungkap Sukamta.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook