PUBLIK

Lewat Expo Jadi Media Promosi UMKM

INFOTANAHLAUT.COM- Bupati Tanah Laut Bambang Alamsyah, Jum’at (1/12) sore bersama Arry Suryandini Bambang Alamsyah membuka Tala Expo dalam rangka hari jadi Kabupaten Tanah Laut yang ke-52 di halaman stadion Pertasi Kencana Pelaihari.

Lewat kegiatan ini bupati begitu berharap agar menjadi media promosi bagi UMKM yang ada di Kabupaten Tanah Laut, agar usaha-usah apa saja yang dilakukan dapat di ketahui masyarakat, dan pada akhirnya masayarakat pun membeli produk unggulan masing-masing UMKM.

Selain stand UMKM, di expo juga di sajikan stand-stand dari SKPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Laut, instansi vertikal, sekolah, perusahaan, otomotif, perbankan, komunitas, pengembang perumahan, telekomunikasi, dan lain sebagainya.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perdagangan Tala Raffiki Effendi mengatakan, untuk UMKM yang mengikuti Tala expo ada sebanyak 80 stand, itupun terbatas spacenya karena animo mereka untuk ikut cukup besar di karenakan keterbatasan lokasi kegiatan.

“selaian mengedepakan produk unggulan UMKM, lewat Tala expo ini bertujuan menginformasikan kepada masyarakat khususnya SKPD, yang mereka lakukan selama ini apa-apa saja, termasuk program kerja di tahun 2018 mendatang,” jelasnya.

Pada Tala expo juga dilakukan penilaian oleh tim juri yang melibatkan tokoh masyarakat, unsur pemerintah dan pemuda kepada stand yang berpenampilan terbaik, baik kebersihan, kerapian, dan keunikan.

Sementara itu salah satu stand dari SKPD yakni stand Kecamatan Bumi Makmur menoonjolkan program SMS Gateway dan Pelayanan Jasa Antar Bagi Masyarakat (Pejabat). Program Pejabat ini sendiri lahir dan terinpirasi dari ojek online yakni GO-JEK.

Camat Bumi Makmur Syahidanoor saat berada di standnya mengatakan, melihat pada situasi di lapangan, pemukiman penduduk masih sangat jauh dari jangkauan, dan masyarakat banyak menetap di daerah pinggiran, maka atas kondisi demikian berinisiatif agar masyarakat dapat terlayani seperti pembuatan KTP atau KK ke kabupaten, karena saat memasukan berkas biasanya tidak selesai satu hari, nah oleh dari itu supaya masyarakat tidak bolak-balik, maka pegawai dari kecamatan yang telah di tunjuk mengantarkan kerumah dan membawa KTP atau KK yang di urus masyarakat tersebut.

“semua sudah barang tentu tidak ada pungutan satu rupiah pun, dan sudah menjadi komitmen kami tanpa ada bayaran, masyarakat juga di minta melapor jika petugas kami meminta sesuatu imbalan, program tersebut memang baru di tahun ini program tersebut baru di jalankan,” paparnya.

Sama halnya program SMS Gateway yakni pelayanan informasi kepada masyarakat, dimana komunikasi dua arah dalam bentuk SMS antara masyarakat dengan pejabat pelaksana di kecamatan untuk meminta informasi tentang kehadiran camat, informasi mengenai persyaratan dokumen kependudukan yang di ajukan masyarakat dan lain sebagainya.

Satu dari puluhan stand UMKM yakni stand UMKM 3 Srikandi yang berasal dari Desa Sungai Cuka Kecamatan Kintap. Ke anggotaan UMKM ini semuanya beranggotan kaum perempuan, dan di bawah binaan salah satu perusahaan batubara PT. Pama.

Nining Eko Puji Lestari selaku anggota UMKM 3 Srikandi mengatakan, di UMKM 3 Srikandi menonjolkan produk makanan berbahan baku lokal, termasuk kerajinan anyaman dan perabotan rumah tangga berupa meja dan kursi yang terbuat dari akar batang kayu Ulin yang sudah tidak terpakai.

“UMKM 3 Srikandi sendiri sudah 3 tahun berdiri, terdiri 6 kelompok dan alhamdulilah kini bentuk pelayanan dengan online dan sudah ada pengiriman hasil UMKM ke luar daerah berupa makanan cemilan dan minuman, dan kain Sasirangan,” paparnya.

Taka expo ini tambahnya, sangat bagus bagi masyarakat, dan meningkatkan ekonomi para UMKM, memperkenalkan produk-produk lokal.

Selain kegiatan Tala expo, sebelumnya telah di gelar pasar rakyat yang lokasinya berdekatan dengan Tala expo.

Di pasar rakyat sendiri beragam pedagang dari berbagai daerah mengambil kesempatan untuk menjajakan barang dagangannya.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook