PEMKAB TALA

Lima Kali WTP Menkeu Beri Plakat

INFOTANAHLAUT.COM- Karena pengelolaan keuangan Kabupaten Tanah Laut berjalan baik hingga sampai mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak 5 kali,maka oleh Menteri Keuangan RI Sri Mulyani memberikan penghargaan berupa plakat kepada Bupati Tala H.Sukamta, Kamis ( 20/09/2018) bertempat di gedung Dhanapala Kementerian Keuangan Jalan Senen Raya nomor 1 Jakarta dalam rangkaian Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2018. Tema dalam rakernas yakni pengelolaan keuangan negara yang sehat untuk Indonesia yang kuat. Penyerahan penghargaan berupa plakat yang di serahkan langsung oleh Menteri Keuangan dan hanya di berikan kepada penerima opini WTP 5 kali berturut-turut untuk laporan keuangan Tahun 2013-2017 salah satunya adalah Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Laut. Penghargaan lain berupa piagam kepada Kementerian atau Lembaga dan Pemerintah Daerah lainnya yang memperoleh Opini WTP atas Laporan Keuangan (LK) Tahun 2017 pun di berikan.
Laporan di sampaikan Direktur Perbendaharaan Kementerian Keuangan Marwanto,rakernas di adakan untuk memperkuat akuntabilitas dan menata pemerintahan yang baik dan meningkatkan pemahaman pengelolaan keuangan yang baik. Sementara itu Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebutkan,bahwa setiap pengelolaan keuangan terus mengalami perbaikan.
“Berharap pimpinan daerah bisa surplus devisa,”kata Sri Mulyani.
Bupati Tanah Laut H.Sukamta sehari setelah di lantik oleh gubernur Kalsel H.Sahbirin Noor bertolak menghadiri rakernas tersebut. Bupati Tala menyampaikan,bahwa dalam rakernas dan dengan mendapatkan plakat penghargaan ibu Menteri Keuangan,maka proses selanjutnya mempertahankan WTP 5 kali berturut-turut,ini menjadi peyemangat dan menjadikan inspirasi dalam mentata keuangan menjadi lebih baik dan juga perlu meningkatkan pemahaman.
Bupati menambahkan,setelah Kabupaten Tanah Laut mendapatkan WTP itu bukanlah pekerjaan yang sudah selesai,padahal itu belum selesai. Laporan keuangan yang di serahkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) setelah WTP bisa di tindak lanjuti dan pasti terdapat temuan-temuan,dan itu bisa menjadi masukkan dalam penyusunan anggaran agar bisa menjadi acuan yang perlu di koreksi kegiatan, mana yang perlu dikurangi dan kegiatan mana yang perlu di tambah artinya laporan yang di serahkan BPK harus menjadi input dalam penyusunan anggaran.
Bupati Tala H.Sukamta kepada Infotanahlaut.com mengatakan, WTP merupakan cerminan atas pengelolaan keuangan yang baik,dan penekanan kepada setiap SKPD agar senantiasa meningkatkan tertib tata kelola keuangan. Kemudian setiap SKPD harus disiplin. Disiplin dalam artian dalam pencatatan setiap transaksi,dan juga disiplin dalam menyampaikan laporan keuangan.
“Diakui,temuan berulang dan audit BPK akan jadi bahan evaluasi dalam penganggaran tahun berikutnya,”kata Bupati.
Dalam rakernas juga turut di hadiri sejumlah menteri lainnya seperti Menteri Perdagangan dan Perindustrian,Menteri Kesehatan,para pejabat Kementerian Keuangan,seluruh Bupati dan Walikota atau yang mewakili se Indonesia yang menerima penghargaan. Sementara SKPD Badan Pengelolaan,Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dari Kabupaten Tanah Laut yang mendampingi.Tung

4
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook