POLITIK

Logistik Pemilu Bergeser Polisi Pun Sudah Melekat Pengamanan

INFOTANAHLAUT.COM-Jajaran Polres Tala dalam pengamanan Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif pada Rabu 17 April 2019 medatang mengerahkan personil keamanan sebanyak 612 personil. Dari seluruh personil tersebut di antaranya di back up tambahan personil dari unsur TNI sebanyak 210 personil, Linmas 2.074 personil, serta di tambah personil.lainnya dari Senkom dan Pramuka.
Senin (15/4/2019) di halaman stadion Pertasi Kencana Pelaihari di gelar Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS dalam rangka Operasi Kepolisian Terpusat Mantap Brata Intan 2019. Apel di hadiri bupati Tala H.Sukamta, Forkopimda, serta KPU dan Bawaslu dan sekaligus secara resmi melepas truk-truk bak kayu maupun bak besi pengangkut logistik Pemilu oleh bupati Tala. Armada truk pengangkut logistik pemilu pun mendapat pengawalan dari unit Satlantas Polres Tala dan turut di kawal Babinkamtibmas, Babinsa dan PKK masing-masing kecamatan sesuai dengan tujuan masing-masing truk ke kecamatan yang sudah tertulis pada bagian depan truk.
Kapolres Tala AKBP Sentot Adi Dharmawan selaku inspektur apel tersebut, dan usai apel kepada awak media mengungkapkan, memang jadwal dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) ada dua pergeseran logistik pada hari Senin dan Selasa (16/4/2019).
Kapolres menambahkan, untuk pergeseran logistik di tahap 1 di prioritaskan pada kecamatan-kecamatan yang relatif jarak tempuhnya jauh seperti Kecamatan Kintap dan Jorong. Bersamaan dengan pergeseran logistik, maka anggota Polisi pengaman TPS langsung melekat di armada pengangkut logistik tersebut sampai ke PPK. Sementara untuk pergeseran logistik gelombang keduanya, distribusi logistik untuk kecamatan yang relatif jarak tempuhnya dekat serta kecamatan yang jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) nya relatif sedikit. Kemudian langsung di geser ke PPS khusus untuk Kecamatan Kintap seperti Desa Salaman dan Riam Adungan termasuk anggota Polisinya. Termasuk pula di Kecamatan Bumi Mamkur, yakni Desa Pantai Harapan yang kondisi alamnya tengah mengalami badai rob atau air laut pasang hingga ke daratan desa, logistik langsung di geser ke PPS.
Pengamanan ekstra tambahan dari Polres Tala juga membangun Pos Terpadu terdiri dari TNI dan komponen masyarakat lainnya untuk sama-sama mengamankam Pemilu pada lokasi-lokasi yang sudah di tentukan.
“Untuk antisipasi hujan, KPU sudah menyiapkan terpal pada masing-masing armada, dan tiap kotak suara terbungkus dengan plastik. Kepada KPU juga di ingatkan pada saat nanti perhitungan di TPS yang cukup lama waktu di siapkan lampu penerangan yang memadai. PLN Pelaihari juga sudah berjanji tidak akan melakukan listrik selama tanggal 17 dan tanggal 18 April 2019,”kata Kapolres.
Kondisi geografis Kabupaten Tanah Laut sudah barang tentu telah terdata semua tentang kultur desa. Polres Tala sendiri telah memetakan kemungkinan konflik, namun sejauh ini masih belum di ketemukan yang mengarah atau menganggu situasi kamtibmas. Terdeteksi hanya menyangkut kerawanan-kerawanan di TPS dan kerawanan geografi. Semua sudah di antisipasi bersama KPU dan Bawaslu guna menggeser logistik-logistik yang memang menjadi prioritas pada lokasi yang jauh.
“Patroli-patroli dari Brimob, Direktorat Shabara dan Polres di samping telah menetukan rayonisasi pada masing-masing pengamanan di bagi per dapil yang terdiri dari 4 dapil, dan masing-masing dapil telah di siapkan pasukan cadangan guna antisipasi hal yang tidak di inginkan,tutup Kapolres.
Sementara itu ketua KPU Tala Arief Mukhyar mengatakan, total jumlah armada truk sebanyak 71 buah, dan yang di distribusi hari Senin (15/4/2019) yakni menuju Kecamatan Kintap 8 truk, Kecamatan Jorong 6 truk, Kecamatan Batu Ampar 6 truk, Kecamatan Bumi Makmur 4 truk, dan Kecamatan Pelaihari 6 truk.
“Sisanya hari Selasa 16 April 2019 Kecamatan Pelaihari 8 truk, Kecamatan Bati-Bati 8 truk, Kecamatan Takisung 7 truk, Kecamatan Tambang Ulang 4 truk, Kecamatan panyipatan 6 truk, Kecamatan Kurau 4 truk, dan Kecamatan Bajuin 4 truk,”tutup Arief.Tung

2
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook