SENI & OLAHRAGA

Lomba Balogo Khas Banjar Diikuti Ratusan Tim

INFOTANAHLAUT.COM- Sebanyak 128 tim permainan khas budaya Banjar yakni Balogo, ambil bagian dalam lomab Balogo yang di prakarsai Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Laut, dan dalam satu tim sendiri terdiri dari 10 orang. Kegiatan tersebut sebagai rangkaian memperingati Hut RI ke 72, yang di gelar di halaman stadion Pertaasi Kencana Pelaihari, Kamis (17/8) pekan tadi.
Balogo memang bagi masyarakat di Kabupaten Tanah Laut tengah menjamur hampir di setiap Rt dalam satu desa. Bahkan begitu menjamurnya permaian khas budaya Banjar ini, ruas jalan di desa-desa pun di beri cat atau gambar yang berwarna untuk garis sebagai tempat di pasangnya Logo.
Layaknya permaian Balogo era orang Banjar terdahulu, di dalam lomba Balogo juga wajib bagi para pemainnya mengenakan kain sarung yang di selempangkan di badan sebagai ciri khasnya, berikut tidak ketinggalan memakai peci (kopiah) warna hitam.
Menurut Fahmi kabid destinawi wisata pada dinas pariwisata, Selasa (22/8) kepada INFOTANAHLAUT.COM mengatakan, melihat animo masyarakat di kota Pelaihari bahkan sampa ke kecamatan-kecamatan yang memang demam akan balogo, maka atas dasar itulah untuk memeriahkan Hut RI tahun ini di laksanakan lomba balogo.
“animo yang mengikuti ternyata cukup banyak, dan dalam lomba menggunakan sistem gugur, hadiah yang di siapkan bagi pemenang satu sampai tiga berupa uang jutaan rupiah, piagam serta trohy. Obsesi kedepan jika memang memungkinkan lomba semacam ini akan di tingkatkan kembali, dalam artian barangkali bisa mengundang kabupaten/kota lainnya di Kalsel,”katanya.
Sementara itu Legon, salah seorang peserta balogo dari daerah Teluk Baru Kelurahan Karang Taruna merasa sangat senang dengan lomba balogo ini.
“sungguh ini hal yang perlu di apresiasi luar biasa, dan memang yang namanya balogo saat sekarang bak jamur tumbuh di musin hujan di mana-mana. Dalam balogo di butuhkan skil saat melakukan pemukulan, namun yang utama dapat menjalin persatuan antar kampung, siapa tahu kelak ada pemain atau tim yang terbaik, sehingga jika kelak ada moment lomba yang lebih besar lagi, maka patut bagi dinas terkait untuk memberikan perhatian,” harapnya.
Dari lomba balogo ini tampil sebagai juara pertama tim dari SLBC Sakatalu Desa Sungai Bakar Juara 2 tim Kombat B dari Desa Angsau, juara 3 tim BBC B Bajuin, dan juara 4 SLBC Bintangin Desa Sungai Bakar.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook