SENI & OLAHRAGA

Lukisan Bakar Supian Hadi Jadi Minat Outing Class Siswa

INFOTANAHLAUT.COM- Buah karya tangan Supian Hadi yang melukis di atas media papan kayu bekas yang telah di bersihkan, dan melukisnya pun menggunakan alat listrik soder panas, mampu menghasilkan sebuah produk yang memiliki nilai jual. Bahan-bahan kayu bekas yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggalnya atau di daerah lain, dapat di sulap Supian Hadi menjadi karya senin yang bernilai rupiah. Lukis bakar ini satu-satunya yang di geluti oleh Supian Hadi.
Melukis dengan soder sebuah alat yang keraap di gunakan untuk keperluan menyoder barang-barang elektronik dan dalam posisi panas, adalah sebagai media pengganti kanvas atau pensil layaknya di gunakan orang untuk melukis, tentu saja dalam melakukan lukisan di atas media papan kayu yang berjenis kayu ringan.
Karyanya yang menjadi menarik adalah pembuatan gambar untuk biasa di gunakan mahar perkawinan. Supian cukup melukisnya kembali dari gambar sepasang calon pengantin ke dalam media papan yang sudah ia pegang soder panas.
Tidak semata hanya lukisan mahar perkawinan, Supian pun mempu mengerjakan pesanan lukisan wajah berikut dengan kata-kaka indah, semua tergantung selera konsumen.
“hasil karya lukisan bakar sudah sampai ke India, karena sekitar 3 bulan lewat ada temannya yang di persunting orang India dan memesan lukisan mereka berdua,”ucapnya.
Supian Hadi pun di bengkel kerja seni di Pasar Tapandang Berseri hanya sifatnya pinjam ruangan bersama temannya, ia cenderung melakukan aktivitas di rumahnya yang berada di Jalan Berkat Permai Raya nomor 22 Rt 4a Rw 2 Kelurahan Angsau.
Hasil karya Supian, rupanya menjadi selaras dengan program Outing Class bagi siswa di SD Islam terpadu (IT) Asallam Pelaihari.
Puluhan siswa tersebut di berikan materi yang lebih mudah untuk di pahami siswa, yakni dengan memperint gambar masing-masing wajah siswa, untuk selanjutnya hasil print di tempelkan ke media papan.
Langkah finishing berupa merapikan gambar dengan soder di perlihatkan kepada siswa sebelum pada akhirnya di poles dengan cat semprot pelicin.
Di utarakan Afwa Halis siswa SD Islam Terpadu Asallam, dirinya bersama teman-temannya cukup terkesima melihat hasil lukisan di atas kayu.
“baru pertama kali ini melihat lukisan di atas papan dan cara pembuatanya,”ucap Afwa.
Sementara itu Supian Hadi di sela-sela kegiatan Outin Class mengungkapkan, sementara dengan cara mudah dulu bagi siswa memahami, yakni dengan cara menempel sketsa gambar ke papan kayu, terangnya Minggu (3/2/2019).
“kalau pada tingkatan siswa SMA maka lansung menggunakan metode lukis bakar,”ungkapnya.
Sementara itu Darsanie wakil kepala sekolah SD Insan Terpadu Asallam mengatakan, apa yang dilakukan Supian Hadi sesuai dengan tema yang di ajarkan di sekolah, bagaimana anak-anak cinta terhadap membaca, kemudian di ajarkan cara melukis dengan media yang beda bagi siswa.
Darah seni yang mengalir dalam tubuh Supian Hadi akan ia terus pacu dan berkreasi menciptakan hasil-hasil senin yang membawa nilai plus baginya dan masyarakat.Tung

6
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook