PUBLIK

Lulusan SMK Dan SMA Paling Banyak Buru Bursa Kerja

INFOTANAHLAUT.COM- Bursa kerja online yang ada di Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Tanah Laut lebih dominan di buru para pencari kerja lulusan SMK dan SMA. Padahal dalam bursa kerja online tersebut sejumlah perusahaan yang membuka peluang untuk mencari pekerja memerlukan spesipikasi atau jurusan tertentu,akhirnya pelamar pun banyak di tolak.
Kasi Latihan Pengembangan Tenaga Kerja (LPTK) Hendri Budi Santoso pada Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Tala, Kamis (30/08/2018) mengatakan, perusahaan dari luar Kabupaten Tanah Laut beragam, mulai dari bidang pertambangan atau bidang penyedia jasa pendidikan,namun kadang terkendala jurusan yang di kehendaki perusahaan oleh pelamar.
Ia menambahkan, bagi pekerja yang mencari kerja lewat bursa online harus tetap datang ke kantor Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian karena harus mendapatkan AK1 (kartu pencari kerja) yang harus di tanda tangani berikut dengan foto si pelamar.
Perusahaan yang membuka peluang kerja bisa lihat sendiri dan memerlukan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan bisa seleksi sendiri. Kewenangan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian memberikan pengarahan,meminta jaga komitmen, dan pula bisa mempertemukan pekerja dengan pihak yang membuka kerja.
Diakui jurusan yang langka yakni jurusan peternakan seperti perusahaan ternak grup Samsung pakan ternak di Desa Banyu Irang Kecamatan Bati-Bati. Ada sejumlah perusahaan yang mencari jurusan tersebut, termasuk jurusan kedokteran hewan.
Menurut Hendri pula, lulusan SMK dan SMA memang paling banyak yang mencari kerja,apalagi saat penerimaan CPNS beberapa tahun lalu, dan yang minim peminatnya perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja pendidik untuk keluar negeri atau sebagai tenaga pemberi materi pendidikan sampai ke negeri Taiwan program kerja sambil kuliah yakni perusahaan JES Eduacation. Di program tersebut kerja sambil kuliah (konsultan pendidikan) yang minim peminat. Terhadap perusahaan yang ada di luar Kabupaten Tanah Laut selanjutnya pelamar pun di seleksi di Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) di Banjarbaru.
Bagi masyarakat bisa mengakses online bursa kerja https://ayokitakerja.kemnaker.go.id
Di dalam web sudah akan muncul lowongan kerja,membuat akun pencari kerja,setelah akun di buat, maka di input oleh dinas dan berlaku se Indonesia.
“Sementara bidang pertambangan juga banyak membutuhkan supir tronton,akan tetapi kendalanya berada pada kepemilikan SIM khusus, karena tidak punya SIM maka jelas di tolak perusahaan,”kata Hendri.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook