PUBLIK

Mahasiswa Baru Dibekali Bela Negara

INFOTANAHLAUT.COM- Mahasiswa baru di kampus Politeknik Negeri Pelaihari di berikan materi tentang bela negara oleh jajaran Kodim 1009 Pelaihari,Kamis (3/8). Pemberian materi tersebut dilakukan di saat mahasiswa baru ini tengah mengikuti masa pengenalan kampus atau disebut Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun ajaran 2017 sebanyak 175 orang mahasiswa.
Sebagai nara sumber tentang materi bela negara ini, Kapten Infanteri Suparno yang juga sebagai Danramil 1009-05 wilayah Kecamatan Kurau.
Dalam materi bela negara sebagai berikut yang di sampaikan yakni pengertian bela negara, dimana bela negara adalah tekad sikap dan perilaku warga negara yang dilakukan secara teratur menyeluruh dan terpadu serta di jiwai oleh kecintaan kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan undang-undang Dasar 1945, dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.
Kapten Infanteri Suparno mengatakan, tujuan bela negara sendiri ada 3 point yakni, mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara, melestarikan budaya, dan menjalankan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.
Ia menambahkan, fungsi bela negara itu sendiri antara lain mempertahankan negara dari berbagai ancaman dan menjaga keutuhan wilayah negara. Hal ini di contohkan dalam kehidupan sehari-hari yakni menciptakan suasana rukun damai dan harmonis dalam keluarga, kesadaran untuk menaati tata tertib sekolah, dan juga menjaga keamanan kampung secara bersama-sama.
Pemberian materi ini selanjutnya terjadi dialog.
Di akhir materinya, Kapten Suparno mengingatkan kepada mahasiswa, bahwa hal yang paling utama dalam hal bela negara jangan begitu mempercayai adanya ajakan yang di rasa bertentangan dengan norma-norma Pancasila, UUD 45 serta dari sisi agama, karena jaman sekarang banyak cara dan hal yang mungkin secara halus atau samar mempengaruhi generasi muda, karena anak muda memang acap kali menjadi sasaran bagi pihak-pihak yang ingin merusak NKRI.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook