POLITIK

Makan Waktu 2 Hari Final Bergelut Dengan Angka

INFOTANAHLAUT.COM-Proses rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat Kabupaten Tanah Laut pada Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif tahun 2019 akhirnya dapat tuntas dilakukan setelah memakan waktu selama 2 hari. Proses perhitungan suara final di tingkat kabupaten oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tala di mulai pada hari Kamis sampai Jum’at (2-3 Mei 2019) kemarin berakhir sudah.
Lokasi perhitungan sendiri mengambil lokasi di halaman belakah Duta Hotel Pelaihari. Dalam proses perhitungan final tersebut pengamanan ekstra di berlakukan Polres Tala. Setiap undangan yang hendak memasuki lokasi perhitungan tidak luput dari pemeriksaan Polisi, termasuk metal detector pun tidak luput mendeteksi badan setiap yang hendak masuk.
Tidak cukup di situ, di sekitar pos pemeriksaan juga di siagakan 1 unit mobil Awared Water Canyon (AWC) dan mobil baja anti peluru.
Proses perhitungan dari pagi itu sempat terhenti lantaran hujan turun sesaat. Walau telah menggunakan tenda, namun KPU sejenak menghentikan untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan terjadi. Sejumlah pimpinan parpol maupun utusannya turut menghadiri proses perhitungan, termasuk Kapolres Tala AKBP Sentot Adi Dharmawan, Dandim 1009 Pelaihari Letkol Infanteri Bagus Budi Adrianto yang dengan seksama mengikuti jalannya proses perhitungan.
Penghitungan pun di lanjutkan sampai malam hari, namun berpindah lokasi ke aula hotel, dan pada rekapitulasi dapat selesai sekitar pukul 22.00 wita.
Di hari kedua, baik komisioner KPU maupun para saksi masing-masing parpol harus menandatangani berkas hasil penghitungan dalam jumlah yang cukup banyak, pasalnya di Kabupaten Tanah Laut terdiri dari 11 kecamatan.
Berkas pun selanjutnya oleh ketua KPU menyerahkannya kepada Bawaslu Kabupaten Tanah Laut untuk selanjutnya berkas di serahkan ke KPU Provinsi Kalsel.
Ketua KPU Tala Arief Muhkyar usai penyerahan berkas mengatakan, KPU Tala sudah selesai melakukan rapat pleno terbuka. Dari hasil rapat pleno terbuka di tetapkan perolehan hasil suara dari masing-masing parpol serta pasangan capres dan cawapres.
“Setelah hasil perolehan suara sampai ke KPU RI dan jika tidak ada gugatan Mahkamah Konstitusi (MK), makan KPU Tala kembali menggelar pleno terkait penetapan calon-calon legislatif yang akan duduk di kursi DPRD Tala,”kata Arief.
Ia menambahkan, dalam proses 2 hari rekapitulasi memang ada tanggapan-tanggapan yang sifatnya mengkonfirmasi terkait adanya perbedaan data yang mereka miliki dengan data yang di sampaikan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), namun demikian kejadian-kejadian tersebut sudah di klarifikasi dan sudah di selesaikan untuk tingkat kabupaten, sehingga tidak ada lagi masalah di tingkat KPU provinsi Kalsel.
Diakui Arif, memang sampai saat ini ada beberapa parpol mengalami kenaikan atau peningkatan suaranya dan ada juga yang sebaliknya, dan KPU masih belum bisa menyampaikan calon-calon anggota legislatif pada DPRD Tala.
Dari hasil rekapitulasi tingkat kabupaten tersebut pasangan presiden nomor urut 1 Jokowi-Ma’aruf Amin mendapat suara 88.000 suara, pasangan nomor urut 2 Parbowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno 107.051 suara.Tung

1
50%
like
0
0%
love
1
50%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook