PENDIDIKAN

MAN 1 Ciptakan Roket Air

INFOTANAHLAUT.COM-Siswa di MAN 1 Pelaihari yang berada di jalan Al Fatah telah menciptakan sebuah roket yang mampu melesat sejauh 50 meter lebih, dan dengan ketinggian kurang lebih 10 meter di udara. Roket yang mereka ciptakan sangat sederhana, dimana tenaga untuk bias meluncurkan roket ke udara hanya dengan bantuan air dan angin yang di isi dengan kompa angin.

Bahan-bahan yang mereka gunakan juga banyak di dapat di pasaran, dan di antaranya juga menggunakan barang-barang bekas seperti botol air mineral ukuran 1 liet, dan plastik-palstik yang selanjutnya di jadikan roket yang berbentuk layaknya roket sungguhan.

Sementara untuk tempat peluncuran roket juga terbuat dari pipa paralon yang di sambung menyerupai sebuah kursi.

Hasil karya siswa ini, bahkan sempat di uji cobakan oleh bupati Tala Bambang Alamsyah belum lama tadi saat bupati menjadi inspektur upacara bendera di MAN 1 Pelaihari.

Menurut Saipul Hadi selaku guru pembimbing atau Laborman MAN 1 Pelaihari, Rabu (22/2) mengatakan, ide awalnya agar siswa yang biasanya belajar terpaku di kelas dengan guru, maka di coba di kembangkan metode belajar yang lebih sederhana dan lebih asik.

“sebenarnya untuk jenis penemuan roket ini sudah banyak di sekolah-sekolah lain seperti sekolah di Jawa dalam menciptakan roket air, akan tetapi atas temuan itu di aplikasikan di sekolah ini,” jelasnya.

Ia menambahkan, untuk pengembangan roket air ini biasanya menggunakan air soda, termasuk untuk bantuan anginnya bias dilakukan dengan mekanik mesin (Compresor), sementara kalau untuk di hak patenkan sudah ada di luaran, namun dalam hal ini hanya focus pada pengembangannya saja.

Kegiatan di MAN 1 Pelaihari juga tidak semata hanya kepada penciptaan roket air, akan tetapi kegiatan lainnya yakni juga ada kelompok siswa yang memainkan musik perkusi dengan menggunakan ember, tong sampah, seng bekas, serta botol yang dapat di jadikan sebuah alat musik. Ada pula kegiatan lain yakni latihan maulid habsyi berikut dengan syair-syair habsyi serta gerak tari grup pramuka.baz

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook