PUBLIK

“Manang Kalah Akur Barataan”

INFOTANAHLAUT.COM- Motto “Manang Kalah Akur Barataan” dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Laut, merupakan kegiatan dari launching yang dilakukan pada hari Rabu (6/9) di gedung Balairung Tuntung Pandang. Sementara untuk maskot pelaksanaan pesta demokrasi bagi masyarakat di Kabupaten Tanah Laut di bulan Juli 2018 mendatang, oleh KPU juga di luncurkan sebuah maskot yang di namai “Si Tajau”.
Si Tajau, adalah sebuah benda yang di sebut Tajau atau Belanga, yang mengandung arti dapat menampung atau menyimpan apa saja. Tajau sendiri kebanyakan di gunakan untuk menyimpan air minum di dapur maupun menyimpan beras.
Tajau sendiri merupakan sebuah benda yang konon sejak jaman dahulu kala sudah ada di miliki oleh masyarakat di Kabupaten Tanah Laut.
Lounching Si Tajau di buka dengan pemukulan gong oleh wakil bupati Tala H Sukamta, dan turut di saksikan oleh ketua KPU Provinsi Kalsel, beberapa ketua dari KPU Kabupaten/kota lainnya seperti KPU Kotamadya Banjarmasin, KPU Kabupaten Balangan, Tabalong, HSS, dan Tapin, Forkopimda Tala, segenap kepala desa, dan pimpinan parpol.
Di kesempatan itu ketua KPU provinsi Kalsel Samahudin Muharram mengatakan, Kabupaten Tanah Laut memang sebagai daerah yang di nilai paling aman dan damai dalam pelaksaan pemilihan kepala daerah, dan semoga saja di tahun mendatang tidak ada gugatan tentang pilkada sampai ke Mahkamah Konstitusi (MK).
“dari target nasional, angka mencapai 77 persen partisipasi pemilih, dan semoga Kabupaten Tanah Laut bisa mencapai angka tersebut,”jelasnya.
Ia menambahkan, dukungan terhadap parpol kepada jagoan pasangan yang di usung itu sangatlah penting, akan tetapi jika di internal parpol pengusung sudah ada konflik, maka di situ ada terindikasi adanya transaksi.
Sementara itu wakil bupati Tala H Sukamta dalam sambutannya yang menyikapi lontaran ketua KPU Kalsel mengatakan, soal mengejar angka tersebut sangatlah mudah dan gampang, lantas bagaimana caranya.
“caranya cukup di sediakan door prize dengan banyak hadiah, dan kalau perlu hadiah utama adalah mobil, ribuan sepeda motor di siapkan dari salah satu pimpinan parpol seumpamanya, nah pasti masyarakat yang tadinya tidak terdaftar sebagai pemilih pasti berbondong-bondong akan mendaftarkan dirinya, dan itu jelas sifanya untuk meminta datang ke TPS, tapi jauh dari itu tidak ada kesadaran dari hati nurani masyarakat dengan hal pilihnya, tidak benar-benar tahu apalagi menyukai calonnya,” ungkap Sukamta.
Di kesempatan itu, masing-masing undangan memberikan tulisan pesan untuk pelaksanaan pilkada 2018 mendatang di sebuah papan tulis yang sudah di siapkan.
Usai lounching, ketua KPU Tala Kamaru Zaman kepada infotanahlaut.com mengatakan, terkait motto tersebut mengandung arti siapaun yang jadinya menang, jelas di dukung untuk membangun daerah.
Menurtunya pula, di pilihnya Tajau sendiri sesuai dengan Perda nomor 8 tahun 1967 dimana Tajau di jadikan sebagai logo Kabupaten Tanah Laut.
Sementara menyangkut angka target nasional yang telah di tentukan, menurut ia pula semua pasti berharap tingkat partisipasi pemilih menyadari dan memberikan hak suaranya, KPU berusaha maksimal utamanya untuk pemutahiran data pemilih.
“kami bertekad semua masyarakat di Tala yang punya hak untuk memilih harus terdaftar dalam pemilih, dari tingkat atas sampai ke KPPS berkewajiban mensosialisasikan pilkada, di samping ini berbasis keluarga dalam artian satu keluarga itu harus tentang pilkada dan menyampaikan kepada anggota keluarganya,”katanya.
Pada pelaksanaan pemilihan kepada daerah, yang namanya gugatan sampai ke MK selalu ada, dan oleh KPU Tala sendiri sudah siap dengan hal itu.
“tidak saja hanya sampai gugatan ke MK, tapi juga tidak menutup kemungkinan terbuka peluang untuk menuntut sampai ke PTUN, dan semua harus siap, siap pula dengan data, dan sebagai penyelenggara pilkada sudah berusaha jujur, adil, berintegritas kepada semua, baik itu kepada peserta maupun kepada pemilih, tutupnya.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook