RELIGI

Manasik Haji Kini Bisa Ditiap Kecamatan

INFOTANAHLAUT.COM-Dalam menjalankan rukun islam yang kelima adalah naik haji bagi yang mampu. Bagi umat muslim sudah pasti sangat mendambakan bisa bertolak ke tanah suci Mekkah. Akan tetapi di butuhkan adanya pengetahuan tentang pelaksaan ibadah haji, agar para calon jemaah haji tidak kebingungan saat berada di tanah suci Mekkah.
Sejalan dengan itu oleh Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Tanah Laut telah membuka majelis taqlim yang secara khusus tentang manasik haji.
Kepala seksi penyelenggara haji H.Akhmad Rusyadi pada kantor Kementerian Agama Tanah Laut, Rabu (16/10) mengatakan melaksanakan ibadah haji itu juga di lihat dari segi kemampuan ekonomi, mampu kesehatan dan mampu Ilmu manasik Hajinya. Dan dalam rangka meraih kemampuan ilmu manasik haji serta menciptakan haji yang mandiri, IPHI Kabupaten Tanah Laut telah membuka Majelis Ta’lim khusus Manasik Kurikulum Kementerian Agama (Manasik Mandiri) pada setiap Kecamatan
“Ini sudah menjalani tahun yang ke 5, dan ini sifatnya umum apakah itu jamaah haji reguler, jamaah khusus yang mendaftar di Tanah Laut atupun di luar Tanah Laut, dan guru atau ustadznya dari guru pada kecamatan setempat yang memiliki Sertifikat pelatih yang di keluarkan oleh Kementerian Agama Kabupaten Tanah Laut,”tutup Rusyadi.
Majelis taqlim manasik haji memang telah di bentuk 4 tahun lalu, pertama pelaksanaan di mesjid Al Hijriyah Angsau setiap hari Sabtu sore pada pukul 14.00 wita sampai pukul 16.00 wita.
Melihat mungkin kejauhan bagi jemaah calon haji dari kecamatan lain, jadi polanya di rubah ke kecamatan-kecamatan.
Ia menjelaskan, pengecualian pada Kecamatan Bajuin yang hanya ada 5 orang jemaah calon haji saja, maka di gabung dengan Kecamatan Pelaihari.
Selanjutnya pada praktek di bawa ke asarama haji, karena di sana ada miniatur atau gambaran saat pelaksanaan ibadah haji seperti Tawaf, Sa’i, lempar jumrah.
Lebih lanjut di katakan Rusyadi, majelis taqlim manasik haji ini supaya jemaah calon haji bisa mandiri, tidak selalau tergantung pada pembimbing, dan selama pelaksanaan manasik pun gratis. Keuntungan ikut manasik haji bagi jemah calon haji, informasi tentang haji terkini cepat mengetahuinya.
Saat sekarang masih jemaah calon haji, tapi nanti kalau sudah melunasi Biaya Penyelenggaraan Haji (BPH) baru di sebut calon jemaah haji.
Pengalaman yang sudah-sudah banyak yang tidak melunasi karena sakit, atau keperluan lain. Pada pelaksanaan manasik resmi dari Kemeneg setelah pelunasan BHP tepatnya habis bulan ramadan tahun 2020 mendatang, jelasnya.
Kepada jemaah calon haji, silakan manfaatkan majelis taqlim manasik haji ini, di Kecamatan Pelahari ada 2 tempat kegiatan manasik haji.
Kelompok 1 berada di Komplek Gagas Permai, kelompok 2 di musola Al Iklhas kantor Kemenag Tala.
Yang sudah jalan program ini di Kecamatan Jorong dan Panyipatan, sementara kecamatan lainnya masih menunggu kesepakatan antara guru dan jemaah calon hajinya, tutupnya.
Langkah ini sendiri di amini oleh ketua IPHI Tala KH.Mukri Yunus yang juga pimpinan ponpes Nurul Hijrah di Kecamatan Jorong.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook