PUBLIK

Manfaatkan HKM Panen Perdana Jagung

INFOTANAHLAUT.COM- Dengan memanfaatkan lahan yang masuk dalam Hutan Kemasyarakatan (HKM) oleh kelopok tani Karya Usaha Kelurahan Karang Taruna, lahan seluas 14 hektar yang di tanami jagung, Kamis (22/3) jagung yang di tanam oleh kelompok tani Karya Usaha panen perdana jagung.
Ketua HKM kelompok tani Karya Usaha Ir.H.Parhaniansah usai panen jagung mengatakan, dalam panen perdana ini semula mampu mengolah lahan seluas 20 hektar, akan tetapi lantaran keterbatasan permodalan maka hanya mampu seluas 14 hektar.
“diakui memang setelah di analisa bahwa produksi jagung masih belum maksimal namun masih belum rugi atau masih dapat untung, dan di masa tanam ke dua nanti, dengan varitas bisi 2, bahkan mendapat varitas rekap sebanyak 75 doz yang selanjutnya di tanam pada masa tanam ke dua kelak,” katanya.
HMK Karya Usaha yang panen perdana jagung tersebut tidak mengalami kesulitan untuk pemasaran jagungnya. Sementara menyangkut harga sendiri masih stabil, kedepan hasil panen tanam kedua harga akan lebih semakin membaik lagi.
Lebih lanjut Parhaniansyah mengatakan, jangan sampai nantinya panen melimpah akan tetapi harga turun, dan saat ini harga yang di sebut bersaing tersebut sebesar Rp 2,5 juta per tonnya,
Sementara itu Ronald.Z,ST selaku wakil korlap HKM Karya Usaha menyebutkan, selama proses penanaman hingga panen, kelompok tani Karya Usaha tidak lepas dari koordinasi dengan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dari Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Tala.
“dan memang karena masih tahap uji coba, produksi jagung yang di dapat berkisar 4 sampai 5 ton per hektarnya, dan hal itu masih belum maksimal, karena target maksimal produksi jagung harus mencapi 6 ton per hektar. Disamping juga tekstur tanah tidak semuanya merata, namun kedepan semua yang menjadi kekurangan di pasca panen perdana ini di atasi, baik dengan menggunakan pupuk tertentu guna kesuburan tanah itu sendiri dan hal lainnya,”ungkapnya.
Harapan, terang Ronald sebagai petani pemula menginginkan adanya pembinaan yang lebih profesional dan ikut berpartisipasi dalam pengembangan pertanian, dan pekerjaan yang gemah ripah loh jinawe.
Pada panen perdana jagung turut di hadiri kabid tanaman pangan Ir.Basri, Kasi Pengolahan dan Pemasaran Tanaman Pangan Rozani Fitri,Sp serta dari Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tanah Laut.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook