PEMERINTAHAN

Manunggal TP Dan TMMD Keterpaduan Yang Sempurna

INFOTANAHLAUT.COM- Keterpaduan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang saat sekarang tengah berjalan, semakin di sempurnakan dengan kegiatan kemanunggalam Pemerintah Kabupaten Tanah Laut lewat kegiatan yang di sebut Manunggal Tuntung Pandang, ataua dalam bahasa lain di sebuat “Bedatang Kekampung Tamui Warga” (Batapung Tawar), yang setiap 3 bulan sekali rutin di gelar oleh Pemkab Tala.
Jum’at, (14/7) kemarin dua program kemanunggalan ini dilaksanakan di Desa Sambangan Kecamatan Bati-Bati.
Keterpaduan antara dua program ini yang langsung di rasakan oleh masyarakat. Jika di TMMD lebih kepada pengerjaan fisik, maka di Manunggal Tuntung lebih kepada penyeparan aspirasi warga.
Usulan warga terlontar secara gamblang, apa yang menjadi kehendak warga, baik menyangkut kebutuhan fisin maupun non fisik yang sudah barang tentu patut di sikapi oleh dinas terkait.
Kepala Desa Sambangan Nasrullah menjelaskan, berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan pada kegiatan MTP kali ini diantaranya Dari Dinas Kesehatan. yaitu sunatan massal kepada 14 orang, pelayanan KB sebanyak 14 orang, Dinas Sosial mengadakan pelatihan membuat kue yang di ikuti 22 orang, sosialisasi napza di ikuti 40 orang, pelayanan dari Pengadilan Agama berupa konsul cerai 3 orang, sidang istbat 9 org. Sedangkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melaksanakan pembuatan akta kelahiran sebanyak 117 buah, rekam untuk E-KTP 49 orang dan Kartu Keluarga 36 buah. Dinas Koperasi dan UMKM berupa pasar murah.
Di Manunggal Tuntung Pandang, program sarasehan menjadi pkok ini kegiatan. Di buka oleh Sekda Tala H. Syahrian Nurdin mengatakan, bahwa kegiatan MTP
adalah untuk silaturahmi antara warga dengan jajaran Pemkab Tala.
Menurut Syahrian Nurdin kegiatan, MTP sangat positif karena banyaknya kegiatan yang di sinergikan dengan kebutuhan warga.
Pada Sarasehan ini salah satu masyarakat memohon adanya pelebaran jalan karena di rasa jalan Desa Sambangan ini sangat sempit , dan hal itu langsung di tanggapi oleh SKPD terkait agar masyarakat membuat permohonan yang akan segera di tindak lanjuti.
Sementara itu pada pelaksanaan TMMD yang ke 99 di Desa Sambangan di hari ke 10 ini sudah memasuki tahapan pengerjaan mencapai 30 persen.
Pengerjaan tersebut mulai dari rehab masjid, rehab Tk Alqur’an, bedah rumah, rehab WC, pemasangan galam siring kaki jalan dan penimbunan badan jalan telah mengalami perkembangan yang signifikan.
Komandan Kodim 1009 Pelaihari Letkol Infanteri Joseph DD Surbakti,SE mengatakan, sasaran pengerjaan fisik seperti peningkatan mutu jalan (pelebaran dan perkerasan) 2.500 meter 31 persen, pembuatan siring sepanjang 2.200 meter 33 persen, rehab rumah tidak lauak huni (rumah Samrah) 1unit 43 persen, rehab masjid dan MCK 1 unit 53 persen, rehab TK Al Qur’an 1 unit 52 persen,
“dengan kekuatan Satgas 150 orang, TNI AD 114 orang, TNI AL 4 orang, TNI AU 4 orang, Polri 12 orang, dan dari Pemda 16 orang, serta masyarakat 82 orang, hal ini itu tidak semata hanya pada pengerjaan fisik, namun yang non fisik berupa ibadah solat Jum’at serta makan bersama di rumah penduduk,” jelasnya.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook