PUBLIK

Masih Mampu Bertahan Sampai November

INFOTANAHLAUT.COM-Direktur PDAM Tala Eko Sugiharto, Kamis (26/9) mengatakan, di tengah-tengah kondisi kemarau sekarang kondisi air ke pelanggan masih bisa bertahan sampai bulan November. pengaturan atau pendistribusian air masih lancar, jika pelanggan tidak bisa menikmati air pada siang hari, maka di pastikan pada malam hari air bisa mengalir ke pelanggan menikmati air PDAM.
“Menyangkut permintaan mobil tanki, diakui jarang kecuali di luar pelanggan. Dalam 2 sampai 3 tahun terakhir permintaan mobil tanki berkurang,”ucap Eko.
Kemarau yang sudah berlangsung selama 3 bulan. Di musim kemarau umumnya mengalami penurunan debit air, kualitas juga menurun.
Menurut Eko pula, untuk pelayanan di kota Pelaihari masih bisa di layani 2 sistem yakni Bajuin dan danau PTPN 13, meskipun ada penurunan 15 persen, namun tidak mati total, karena 2 sistem tersebut saling menunjang.
Kapasitas produksi air sekarang 30 liter per detik, dan itu pada jangka kedepan akan di tambah. Walau pun kualiatas berkurang, akan tetapi produksi akan di tambah.
Program Banjar Bakula di prediksi bisa beroperasi pada bulan November untuk wilayah Kecamatan Kurau dan Kecamatan Bumi Mamkur.
Diakui Spam IKK di Kecamatan Batu Ampar dan di Kecamatan Panyipatan drastis turun karena proses alam pada sumber mata airnya, sementara di wilayah Asam-Asam Kecamatan Jorong menggunakan air permukaan. Untuk di Kecamatan Kintap off lantaran masuknya air laut.
“Tahun depan produksi air di tingkatkan menjadi 100 liter per detik untuk sistem di PTPN 13. Hasil survei mencukupi sampai untuk di naikan 100 liter perdetik, bahkan sampai ke Rumah Sakit H.Boejasin yang baru. Sementara intake di Bajuin dari kapasitas 30 liter per detik di naikkan menjadi 50 liter per detik,”tutup Eko.
Di beberapa lokasi, seperti Desa Tajau Pecah dan Desa Batu Ampar di Kecamatan Batu Ampar kemarin hujan sudah mulai turun walau tidak berlangsung lama. Sejak pagi hari awan mendung sudah terlihat menyelimuti kota Pelaihari.Tung

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook