PEMKAB TALA

Melaut Kapanpun Tidak Masalah

INFOTANAHLAUT.COM-Bagi masyarakat di perkampungan nelayan Desa Takisung (1 km dari objek wiasata pantai Takisung arah Desa Tabanio) kini tidak perlu khawatir lagi jika ingin pergi mencari ikan di laut,pasalnya kini oleh Pemkab Tanah Laut melalui Dinas Pekerjaan Umum,Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) telah membangunkan siring batu kawat di sepanjang anak sungai tersebut.
Pasca adanya siring selain dapat membuat semacam tampungan air laut di lokasi sandarnya kapal-kapal nelayan juga memiliki fungsi sebagai penangkis gelombang air laut,sehingga setidaknya dapat mengurangi abrasi air laut kedaratan.
Kapan pun nelayan yang hendak pergi kelaut dapat dilakukan setiap saat,karena kondisi perairan anak sungai airnya selalu dalam,sehingga kapal dapat melintasinya pendek kata tidak harus menunggu air laut pasang.
Siring batu gunung yang di kurung dengan kawat anti karat di susun menyesuaikan badan sungai. Sementara siring penangkis gelombang berada di pesisir pantai dengan panjang 30 meter sebelah kanan dan 30 meter sebelah kiri,dan pada bagian tengah di buat untuk jalan masuk air laut atau pintu air laut.
Totom Wahyudi kabid sumber daya air pada DPUPRP Tala,Jum’at (20/7) pekan tadi mengatakan,memang ada skala prioritas pengerjaan atas usulan warga,sejatinya siring tersebut di kerjakan di tahun 2016,akan tetapi karena ada sedikit kendala maka pengerjaan siring dapat dilakukan di tahun 2017.
“hasil pengecekan di lapangan memang terasa manfaatnya bagi warga setempat,keberadaan siring seperti membendung air sungai,maka sangat memudahkan nelayan melaut kapanpun tanpa harus menunggu air laut pasang,”kata Totom.
Ia menambahkan,siring batu yang mengarah dekat pemukiman warga yersebut juga dapat sebagai pelindung bagi kapal-kapal nelayan jika ada gelombang besar atau badai laut,kapal-kapal dapat mereka sandarkan atau menempel di bebatuan siring.
Melengkapi keberadaan siring tersebut juga terpasang 1 buah lampu warning light (lampu peringatan) bertenaga surya berukuran besar sebagai tanda lokasi dermaga bagi nelayan jika pulang dari laut pada malam hari.Tung

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook