PEMERINTAHAN

Menyisir Gunung Tuk Bangun Jalan

INFOTANAHLAUT.COM- Jalan Alternatif penghubung Kabupaten Tanah Laut dengan Kabupaten Banjar wacananya akan di buat.
Oleh wakil bupati Tanah Laut H. Sukamta Selasa (23/5) kemarin ikut menyisir dan survei lokasi yang akan di buat jalan tersebut . Rencana pembangunan jalan alternatif penghubung Kecamatan Bajuin menuju Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar ini guna efisiensinya jarak tempuh bagi warga Bajuin menuju Aranio yang hanya akan berjarak 20 km.
Wakil bupati Tala H.Sukamta bersama camat Bajuin Dwi Anggriani , Dinas PU Tanah Laut dan Kades Tanjung Kandar beserta masyarakat sekitar menyisir pegunungan di Dusun Riam Pinang Desa Tanjung Kecamatan Bajuin.
Survei lokasi jalan alternatif kali ini cukup berat karena harus menyeberangi sungai Bajuin dengan mengendarai motor trail dan mobil dobel kabin, bahkan tim survei yang di pimpin wakil bupati harus berjalan kaki menaiki pegunungan yang cukup terjal .
Menurut Taufik salah seorang warga Desa Tanjung, selama ini warga Bajuin harus menempuh jarak 60 km untuk bisa menuju kota Martapura dan Banjarbaru , Karena terlebih dahulu harus berputar melalui kota Pelaihari sehingga cukup membuang waktu dan biaya .
“Mayoritas warga sekitar sebagai petani, sehingga cukup kesulitan jika ingin menjual hasil pertanian ke kota Martapura maupun Banjarbaru karena jarak tempuh yang cukup jauh.
Sementara wakil bupati Tala H.Sukamta mengatakan, jika pembangunan jalan alternatif Bajuin- Aranio terealisasi maka jarak tempuh hanya 20 Km. Maka dari itu di harapkan bisa memperpendek jarak tempuh bagi warga Tanah Laut menuju kota Martapura dan Banjarbaru atau sebaliknya.
“ Sesuai aspirasi masyarakat Desa Tanjung ada ruas jalan yang menghubungkan Tanah Laut dan Kabupaten Banjar , dan jika terbangun maka jarak ke Martapura dan Banjarbaru lebih dekat, sehingga cukup membantu perekonomian warga,“ kata wabup.
Usai peninjauan ke lokasi rencana pembangunan jalan alternatif tersebut, rencananya Pemerintah Kabupaten Tanah Laut akan mengajukan usulan pembangunan jalan alternatif ini ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan . karena jalan yang akan di bangun melintasi aua wilayah kabupaten di Kalsel.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook