LIPUTAN KHUSUS

Merasakan Ramadhan Dirutan Kelas 2B (Bagian-1) Oleh : Basuki Rahmat,SE Chiefnya Dari Warga Binaan Sendiri

INFOTANAHLAUT.COM- Marhaban ya ramadhan 1438 H, umat muslim menyambutnya dengan penuh suka cita, begitu pula bagi warga binaan di rumah tahanan (Rutan) kelas 2B Pelaihari, kegiatan ramadhan di dalam lingkungan rutan ini berjalan seperti mana biasanya, hanya saja ada perbedaan yang mereka rasakan, yakni menjalankan ibadah puasa tidak bersama keluarga tercinta.

Dari dalam rutan, Kamis (1/6) pekan tadi mencoba untuk melihat kesibukan segenap warga binaan utamanya ketika mendekati waktu berbuka puasa.

Saat itu sore menjelang berbuka puasa, sekitar pukul 17.00 wita kesibukan nampak terlihat di bagian dapur. 9 orang warga binaan yang di tunjuk jago dalam memasak, baik memasak nasi, membuat bubur kacang hijau, hingga sampai membuat kue sudah pasti tugas itu harus mereka lakukan untuk selanjutnya hasil masakan mereka di distribusikan kepenghuni blok A dan blok B.

Oleh petugas rutan, para juru masak (Chief) di pilih dari warga binaan yang berada di blok C, karena memang warga blok C sendiri sudah minim security atau dalam bahasa lain dalam kurun waktu tidak lama penghuni blok C ini akan menikmati masa kebebasan mereka.

Peralatan masak seperti panci pun harus yang berukuran besar, maklum saja lantaran jumlah penghuni rutan mencapai 300-an lebih.

Waktu berbuka semakin dekat, maka para chief ini pun dengan menggunakan gerobak kecil hilir mudik menuju ruang tahanan sambil mendistribusikan minuman teh dan bubur kacang hijau. Para tahanan sendiri,bisanya menu berbuka puasa adalah kiriman pihak keluarga masing-masing. Namun sebelum di serahkan keperseorangan tahanan sesuai dengan nama yang tertera, tentu saja harus melalui pemeriksaan petugas dan hal ini wajar karena memang prosedurnya seperti itu.

Tiba saatnya berbuka puasa, blok-blok sebagai tempat tidur mereka pun harus di rapikan dari alas tidur seperti tilam maupun tikar tebal. Dengan meyisihkan sedikit ruang untuk meletakan aneka makanan dan minuman untuk di santap bersama-sama.

Kebersamaan begitu terasa saat berbuka puasa, termasuk para petugas yang kebetulan kena jadwal piket pun membaur bersama, hanya saja antara tempat petugas dan tahanan di pisahkan oleh jeruji besi. Tidak ketinggalan dalam setiap harinya kepala rutan Muhammad Kamal pun selalu berbuka puasa di rutan.

Usai berbuka, ibadah solat magrib pun berjamaah dilakukan di dalam blok. Tentu saja, satu sama lain saling menunggu selesai berwudhu di dalam blok yang telah di sediakan kran air, dan selanjutnya ruangan untuk meletakkan aneka makanan dan minuman tadi pun kembali di sisihkan untuk di pakai solat magrib berjamaah. (bersambung…)

 

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook

Tentang Penulis/Jurnalis

Tim Jurnalis

Tim Jurnalis

Kami akan selalu berusaha memberikan informasi yang aktual dan terpercaya kepada pembaca setia infotanahlaut.com. Semoga media ini bisa menjadi media penambah khasanah informasi khususnya dari Kabupaten Tanah Laut.