PEMKAB TALA

Mereka Selalu Siaga

INFOTANAHLAUT.COM-Rabu (29/08/2018) cuaca langit terlihat mendung tebal,kendati di kota Pelaihari tidak begitu deras di guyur hujan dan di kecamatan lannya lumayan hujan deras mengguyur di sertai dengan tiupan angin yang cukup kencang.
Mendung tebal yang membawa jutaan kubik air menjadi harapan agar dapat mengurangi adanya kebakaran hutan dan lahan di sejumlah kecamatan di Kabupaten Tanah Laut. Namun demikian,walau mendung tebal tetap saja dengan penuh kesiap siagan penuh tetap berlaku bagi anggota pemadam kebakaran Sat Pol PP dan Damkar Tala terhadap ancaman api.
Sat Pol PP dan Damkar Tala,sebagai lembaga yang berhadapan dengan api, tetap selalu siaga walau dalam satu pekan ini cuaca kadang mendung.
Kepala Sat Pol PP dan Damkar Tala Rudi Ismanto,Rabu (29/08/2018) mengatakan, ada 24 orang yang di bagi dalan 3 regu, dalam 1 regu terdiri dari 8 orang yang di perkuat dengan 3 buah armada truk pemadam kapasitas 40.000 liter.
“Dalam kondisi apapun selalu 24 jam siaga,walau cuaca kadang mendung,”ucapnya.
Bagi 3 buah armada truk pemadam, pengisian air tanki dilakukan dengan mengambil air di bak khusus penampungan air yang ada di depan Posko satu kantor dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tala.
Dalam sepekan selama musim kemarau ini bisa sampai 5 kali armada pemadam kebakaran berjibaku dengan api,utamanya di lahan-lahan kosong yang sering terbakar yakni di Kecamatan Bati-Bati, Tambang Ulang dan Kurau,akan tetapi juga tetap waspada dengan kondisi di dalam kota.
Sumber air saat melakukan pemadaman di lahan kosong terkadang menjadi kendala, belum lagi dengan kondisi medan yang sulit di jangkau armada pemadam,sehingga harus berjalan kaki bagi para petugas dengan membawa mesin pemadaman portable berikut selangnya mendekati titik api. Selain membawa mesin portable kadang juga petugas membawa peralatan pemadam manual yang di sebut Jetsuter yang di gendong dengan isi air sebanyak 20 liter.
Masyarakat yang membutuhkan pemadam di saat terjadinya musibah kebakaran baik lahan maupun pemukiman bisa menghubungi nomor telpon 0512-21113,atau lewat sarana komunikasi HT di freqwensi 155.275.0 yang juga terkoneksi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Tala.Tung

3
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook