PENDIDIKAN

Minta Peningkatan Kesejahteraan Dan Status

INFOTANAHLAUT.COM-Segenap guru-guru honorer di Kabupaten Tanah Laut yang tercatat sebanyak 1.259 orang dengan pakaian putih dan hitam tengah melakukan rapat akbar yang bisa di bilang baru pertama kali dilakukan, dan dalam rapat akbar itu, Sabtu (22/4) kemarin di awali dengan apel gabungan seluruh guru-guru honorer di lapangan sepak bola Pertasi Kencana Pelaihari, mereka telah membentuk forum guru honorer se Tanah Laut yang bernama Forum Komunikasi Pendidik Tenaga Kependidikan Honorer (FKPTKH).
Pada apel itu, di hadiri bupati Tala Bambang Alamsyah, beserta Ketua DPRD Ahmad Yani, kepala Dinas Pendidikan Abdilah, Ketua Dewan Pendidkan Sarnadi Abdulah, forkopimda serta guru dan para kepala sekolah.
Melalui ketua FKPTKH Hester Harwilah.SPd, di hadapan bupati menyampaikan beragam aspirasi yang di bawa oleh kaum guru ini, salah satunya yang begitu menonjol yakni peningkatan kesejahteraan guru honorer dan peningkatan status.
“kami begitu berharap pimpinan daerah dalam hal ini bupati Tala untuk bisa meningkatkan kesejehteraan guru honorer serta adanya peningkatan status,” ucapnya yang di sambut aplaus oleh peserta apel lainnya di lapangan.
Atas lontaran tersebut, bupati Tala pun angkat bicara. Hal tersebut menjadi perhatian utama, pada prinsipnya setuju saja dan memang sudah merencanakan dalam peningkatan kesejehteraan ini, tinggal di bahas nominalnya saja.
“ada yang bisik-bisik, guru honorer agar bisa statusnya sama seperti pegawai negeri, kami sangat mengerti bahwa itu adalah harapan besar untuk naik status jadi PNS, dan kami sangat paham bahwa kewenangan untuk jadi PNS itu berada di pusat, dan perlu di ketahui adanya revisi UU tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sudah ada di DPR RI, ada peluang besar bagi honorer untuk bisa di upayakan menjadi PNS, dan jelas dari Pemerintah Daerah sangat mendukung,” papar bupati.
Atas jawaban ini, segenap guru-guru honorer pun bersorak dan memberikan aplaus.
Sementara itu, usai apel akbar kepala Dinas Pendidikan Tala Abdillah mengatakan, bahwa dinas tehnis sangat memberikan apresiasi terhadap rapat akbar tersebut.
Menurut Abdilah, mereka tengah menyusun program bagi mereka sendiri, dan dalam rangka untuk member kontribusi bagi perkembangan pendidikan di Tala.
“hal semacam ini yang sangat di butuhkan, sebagai penyemangat lewat pertemuan akbar, dan hal yang sangat positif sekali untuk memberikan stimulasi di intern mereka, dan memberikan pemikiran yang konstruktif dalam rangka perkembangan pendidikan di Tala, berharap bias bersaing dengan daerah lain di Indonesia,” paparnya.
Keinginan besar peningkatan status dan peningkatan kesejehteraan oleh salah satu guru honorer di SDN Sungai Jelai 2, yakniYaya ia mengatakan, keinginan utama yang jelas ada peningkatan kesejehteraan, karena selama ini belum mencukupi, sehingga ada usaha sampingan berupa membuat kue, sampingan bertani, buka warung guna membantu-bantu suami, karena jadi guru honorer banyak kegiatan tapi gajinya sedikit, beda dengan PNS yang kerjanya sedikit tapi gajinya besar, pendek kata tidak berlama-lama jadi guru honorer. Kerjanya sama saja seperti PNS, hal itu itupun jika Tuhan mengijinkan.
Pelaksaan rapat akbar guru honorer ini selanjutnya di langsungkan di gedung Sarantang Saruntung selama 2 hari.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook