RELIGI

Muhammadiyah Siapkan Pendakwah Yang Berwawasan

INFOTANAHLAUT.COM- Seorang pendakwah di tuntut untuk bisa menyampaikan misi dakwahnya kepada umat secara jelas, logis dan bisa di pahami oleh masyarakat. Penyampaian materi dakwah sendiri harus pas dengan acuan sunah maupun al qur’an, sehingga umat pun mendapatkan pencerahan.
Sejalan dengan itu, di motori Pengurus Cabang Muhammadiyah Kabupaten Tanah Laut, Sabtu (3/2/2019) di mesjid Al Azhar Komplek Taman Asri Kijang Kencana Kelurahan Pelaihari menggelar kegiatan satu hari penuh kepada kader-kader Muhammadiyah yang di ikuti dari beberapa utusan Muhammadiyah kabupaten kota putra dan putri melakukan pelatihan Mubaligh dan Muballighat Muhammadiyah dan Aisiyah se Kalsel dengan tema “Dakwah Mencerahkan Untuk Mencerdaskan Umat”.
Pelatihan di buka langsung oleh pimpinan Muhammadiyah provinsi Kalsel Drs.Tajudin Nor, SH,MH.
Sebelum di buka, ketua Majelis tabliq Muhammadiyah Kalsel Drs.H.Maskur mengungkapkan, ada 2 kegiatan sementara ini di wilayah selatan dan utara. Muhammadiyah harus bisa berdakwah, audien minimal keluarga dulu dalam berdakwah.
“Peran ibu rumah tangga yang paling banyak membawa peran di rumah, kalau ibunya suka nonton sinetron maka pasti anak-anaknya mengikuti,” kata Tajudin.
Ia menambahkan, melebar dalam dakwah adalah ke jemaah. Semua di perlukan dai-dai yang teguh dan berpengetahuan, maka di perlukan tehnik-tehnik bagi seorang pendakwah.
Sementara itu ketua pimpinan Muhammadiyah Kalsel Drs. Tajudin Nor, SH,MH sebelum membuka kegiatan mengatakan, dalam misi tabliq Muhammadiyah berkembangnya fungsi tabliq berdasarkan al sunah dan al qur’an.
“Perlu di ketahui bahwa Muhammadiyah punya program unggulan formulasi bagi seorang mubalig, peningkatan sarana mesjid untuk dakwah, mengajarkan ilmu islam kepada kelompok atau komunitas baik kelas atas, menengah dan bawah, termasuk di kalangan kelompok marginal,”ucapnya.
Tahudin Nor menambahkan, tantangan dakwah yang berat dan beragam saat sekarang, jaga kesungguhan sebagai Muhammadiyah, dan untuk itu sangat memerlukan metode dakwah yang baik karena iklim perubahan di sendi-sendi agama yang sekarang mulai bergeser dari koridornya.
Kegiatan di ikuti oleh kader-kader Muhammadiyah dari Kabupaten Kotabaru, Tanah Bumbu, Tala, Banjarmasin, Banjar, Banjarbaru dan Batola.
Ketua piminan Muhammadiyah Tala Akhmad Kahirin kepada Infotanahlaut.com di sela-sela kegiatan mengatakan, tujuannya jelas yakni menyiapkan kader-kader mubalig baik itu di dalam rumah tangga dan masyarakat.
“Pendakwah perlu memahami kondisi sebuah lingkungan utamanya dengan audien, karena dalam materi dakwah juga ada sisi psikologinya,”ucap Khairin.
Khairin menambahkan, Ide untuk kegiatan ini sudah lama di sampaikan dan ini merupakan Kegiatan yang ke 2 kalinya di tahun 2019 di jajaran Muhammadiyah Kabupaten Tanah Laut. Pada kegiatan pertama belum lama tadi di gedung Balairung Tuntung Pandang adalah kegiatan yang di namakan Pemilih Politik Pemula yang di selenggarakan oleh Pemuda Muhammdiyah (PM) Tanah Laut.
Dalam pelatihan tersebut, pemateri di sajikan oleh pengurus Muhammadiyah Provinsi Kalsel.(Mul)

3
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook