PUBLIK

Mungkinkah Jalan Ke RSU Bergabung Jalan Mall

INFOTANAHLAUT.COM-Pihak PT.Parembee selaku pemilik asal lahan dan telah menghibahkan lahan seluas 10 hektar kepada Pemkab Tala untuk di bangun rumah sakit di Kelurahan Sarang Halang, hingga sampai kini pembangunan fisik rumah sakit terbesar di Kalsel itu terlihat megah dan selesai di bangun, namun pada kenyataannya rumah sakit tipe B itu masih harus di suntik miliaran dana lagi agar bisa beroperasi. Di satu sisi, baik PT.Parembee dan Pemkab Tala masih berkutat di seputar lahan untuk akses jalan utama kerumah sakit.
Pihak PT.Parembee sendiri sudah merasa memberikan keleluasaan kepada Pemkab Tala agar akses ke rumah sakit ada, akan tetapi Pemkab Tanah Laut merasa perlu untuk memilih alternatif lain terhadap jalan masuk ke rumah sakit, bahkan Pemkab Tala harus membebaskan 4 buah rumah hanya untuk akses utama menuju rumah sakit.
Nur Wakib,SH Direktur Legal PT.Perintis Embee, Senin (23/9) mengungkapkan, selaku pihak yang menghibahkan lahan seluas 10 hektar untuk rumah sakit, kalau hanya faktor jalan masuk,sejatinya bukan permasalahan lagi karena dari awal jalan sudah di persiapkan.
“Pemkab Tala serius apa tidak, terhadap apa yang menjadi kesepakatan bersama, karena jalan sudah di serahkan pula sejak di hibahkannya jalan ke Pemkab Tala, dan tidak ada ganti rugi ke Pemkab Tala soal pembukaan lahan untuk akses ke rumah sakit,”kata Wakib.
Ia menambahkan, justru inilah yang menjadi tanda tanya besar, kenapa rumah sakit yang di bangun dengan dana tidak sedikit ini belum juga beroperasi. Seharusnya dari perencanaan sampai finishing itu sudah selesai, bahkan tidak perlu lagi ada dana-dana yang lain.
Keberadaan rumah sakit bertipe B ini memang menjadi harapan dan yang di tunggu-tunggu warga. Entah persoalan apa lagi yang menyelimuti proyek besar dengan nilai Rp 300 milliar tersebut. Apakah berkutat di seputar akses masuk ke rumah sakit atau faktor lainnya.
Bupati Tala H.Sukamta, Selasa (24/9) usai pelantikan ketua DPRD Tala, soal rumah sakit ini pun angkat bicara.
Berbicara soal jalan masuk, masih ada proses sepanjang 78 meter yang masih milik PT. Parembee itu yang harus di tuntaskan terlebih dahulu, setelah tuntas baru di selesaikan secara keseluruhan. Namun dilihat, apakah itu cukup karena nanti akan ada mall dan perumahan, maka sangat tidak mungkin jalan ke rumah sakit bercampur dengan jalannya mall atau campur dengan perumahan, maka mau tidak mau harus ada jalan yang khusus untuk rumah sakit.
“rumah sakit ini masih harus memerlukan uang yang sangat besar untuk bisa menjadi rumah sakit yang pantas untuk beroperasi, perhitungan harus dilakukan apa kekurangannya, karena secara forensik menyangkut kontruksi masih banyak yang tidak lengkap,”kata Sukamta.Tung

0
0%
like
1
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook