PEMERINTAHAN

NU & Pemkab Kerjasama Tanam Jagung

INFOTANAHLAUT.COM- Kolaborasi antara organisasi Islam Nahdatul Ulama (NU) Kalsel dan Pemkab Tanah Laut, Senin (23/10) pada sebuah lahan yang berada di kawasan gunung Kayangan melakukan penaman jagung di lahan seluas kurang lebih 10 hektar.

Penanaman perdana jagung tersebut juga dilakukan bupati Tala Bambang Alamsyah bersama Sekda Tala Drs.Syahrian Nurdin, kepala Bappeda Tala Ahmad Nizar, kepala dinas pertanian tanaman pangan, holtikultura dan perkebunan Ahmad Mustahdi, ketua KNPI Kalsel Hasan Ismail, Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Prof. Dr. H.M Hadin Muhjad, SH M.Hum, para mahasiswa pertanian Unlam Banjarmasin, dan pemuda tani. Para mahasiswa dan pemuda tanilah yang menebarkan bibit jagung.

Ketua NU Kalsel KH. Syarbaini Haira merasa sangat bersyukur bahwa dengan adanya kerjasama ini kedepan menjadi harapan kehidupan masyarakat akan meningkat setelah kelak jagung panen.

Sementara itu bupati Tala Bambang Alamsyah memberikan informasi kepada segenap pengurus NU Kalsel dan Kabupaten Tanah Laut bahwa saat ini sudah ada 2 pabrik pengolah jagung hadir di Tanah Laut, yakni di Kecamatan Bati-Bati dan pabrik inilah yang membeli jagung-jagung dari petani Tanah Laut.

“Kabupaten Tanah Laut sebagai sentra jagung bertekad agar potensi jagung ini terus berkembang, dan hal itu pun di dukung pula oleh ketersediaan lahan, jangan heran jika petani jagung di Tala kelak di rumahnya parkir mobil double cabin,” kata Bambang.

Di tempat yang sama, kadispertanbolbun Ahmad Mustahdi mengatakan pula, kerjasama tanam jagung dengan non Kelompok Tani (Poktan) seperti NU tersebut di prediksi hitungan paling rendah bakal bisa menghasilkan jagung sebanyak 6 ton per hektar.

“target tanam jagung setelah APBD perubahan seluas 40.000 hektar, dan dalam per 1 hektarnya di berikan bantuan bibit jagung sebanyak 15 kg, dan pupuk 100 kg, namun dalam target tersebut adalah di lahan baru, bukan lahan jagung yang telah di tanam sebelumnya, dan lahan baru tersebut berada di Kehutanan dan Perkebunan, dengan menanam jagung di sela-sela tanaman kelapa sawit dan karet,”jelas Amhad Mustahdi.

Pada tanam perdana jagung bersama NU tersebut juga turut dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Pemkab Tala dan Universitas Nahdlatul Ulama Kalsel tentang perencanaan pembangunan daerah dan bidang peningkatan Sumber Daya Manusia di Kabupaten Tanah Laut. Kemudian di lanjutkan penyerahan benih jagung sebanyak 200 kg dan bantuan pupuk urea sebanyak 1000 kg yang di terimakan secara simbolis oleh Ketua PW NU Kalsel dan penyerahan bibit pohon durian sebanyak 330 batang yang di terimakan secara simbolis oleh Ketua Yayasan Ma’arif  Nahdlatul Ulama Kalsel cabang Kintap.Tung

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook