SENI & OLAHRAGA

Orang Pelaihari, Banjarbaru Dan Batola Bawa Pulang Motor Matic

INFOTANAHLAUT.COM-Perayaan hari jadinya yang ke 4, Komunitas Bersepeda Sehat (Kombes) Tanah Laut menggelar Tanah Laut Cross Country ke 4 dan sekaligus memperingati hari Sumpah Pemuda, Minggu (27/10) di lapangan Pertasi Kencana Pelaihari.
“Bersama Kombes Kita Bahagia” itulah tageline pada kegiatan gowes tersebut. Sejak pagi para goweser dari berbagai komunitas sepeda sudah berkumpul di halaman stadion Pertasi Kencana Pelaihari.
Pelepasan peserta dengan starnya di gapura stadion Pertasi Kencana Pelaihari di lepas dalam beberapa keberangkatan. Bendera keberangkatan pertama di lepas gubernur Kalse H.Sahbirin Noor, kemudian keberangkatan kedua oleh Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani, keberangkatan ketiga oleh wakil bupati Tala Abdi Rahman dan keberangkatan ke empat di lepas AKBP Endang Agustina selaku pembina Komunitas Bersepeda Sehat (Kombes) Tala.
Para goweser selanjutnya harus melewati jalur yang telah di tentukan panitia pelaksana sejauh 25,8 km, dengan jalur tanjakan sejauh 354 meter dan turunan sejauh 353 meter.
Jalur pegunungan, perkebunan kelapa sawit dan karet harus di lewati goweser. Begitu banyaknya peserta terlihat pada jalur perbukitan di Desa Bumi Jaya yang merupakan lokasi habis di panennya tanaman jagung cukup membuat macet.
Jalur-jalur tersebut akhirnya bisa di lewati goweser, walaupun harus ada goweser yang terpaksa harus di evakuasi panitia karena kelelahan.
Saat melakukan cek point di Desa Sumsum, para goweser pun di minta memperlihatkan kupon undian untuk di potong.
Rahmani, salah satu goweser dari Muara Teweh Kalimantan Tengah di lokasi cek point menuturkan, tracknya sangat luar biasa, walau banyak yang sulit tapi bisa di atasi, dan terima kasih banyak kepada panitia yang telah mengundang.
Sambil menunggu para goweser tiba di garis finish di halaman stadion Pertasi Kencana, gubernur Kalsel H.Sahbirin Noor nampak bersama Kapolda Kalsel, wakapolres Tala Kompol Fauzan Arianto, AKBP Endang Agustina, Ketua Koni Tala H.Iriansyah, wakil bupati Tala Abdi Rahman dan pejabat lainnya menyempatkan diri untuk belanja di lapak-lapak para UKM yang berada di sekitar lokasi acara.
Pembina Kombes Tala AKBP Endang Agustina mengatakan, lewat gowes ini membawa pesan agar masyarakat sehat, ukhuwah islamiah, silaturahmi dan dapat door prize, dan inshaa allah di tahun depan di buat kembali kegiatan.
Peserta gowes ini terang Endang, untuk di luar Tanah Laut saja sudah 6.000 lebih, dan inovasi pada track terus di perbaiki dan di kembangkan. Pengenalan objek-objek wisata alam pegunungan di jalur yang di lewati peserta, maka daya tarik alam itulah di perkenalkan dan di jual kepada peserta di luar Tala untuk juga ikut mempromosikan objek wisata.
Lebih lanjut Endang mengatakan, adanya UKM-UKM di sekitar kegiatan gowes, artinya itu membawa kebaikan buat masyarakat. Pokoknya bekerja keras dan jujur, tutup Endang.
Sementara itu gubernur Kalsel H.Sahbirin Noor atau biasa di sapa Paman Birin mengungkapkan, kegiatan gowes yang biasa di gandrungi anak-anak muda setiap hari Minggu, dan event yang di gerakkan Kombes Tala lumayan besar dengan peserta melebihi 5.000 orang.
“Ini bisa jadi pemecah rekor Muri pada saatnya nanti. Sungguh luar biasa dengan mengenalkan bidang kepariwisataan kepada peserta dan peserta nampak gembira, karena olah raga gembira, hati senang dengan bersepeda melihat alam yang indah, elok dan sejuk maka itulah yang membuat merasa segar di badan, karena mainset Kalsel sekarang kerja gembira,”kata Paman Birin.
Gubernur pun membeli sejumlah produk-produk UKM tersebut, mulai dari baju kaos hingga sampai makanan ringan seperti krupuk, serta menikmati makanan tahu goreng dari kedelai.
Sekitar pukul 11.00 wita, para goweser pun sebagian sudah mulai berdatangan, dan mereka masing-masing mencari tempat berteduh dari sengatan sinar matahari yang cukup panas di tenda yang di siapkan panitia maupun di bawah-bawah pohon.
Wajah-wajah lelah begitu terlihat dari peserta hingga ada yang rebahan di teras kantor Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora), dan sebagian menikmati makanan.
Lely salah seorang goweser wanita mengutarakan, kegiatan ini jelas sangat bermanfaat, selain untuk kesehatan juga memperkenalkan alam Tanah Laut dengan tracknya yang cukup menantang, baik tanjakannya yang panjang maupun jalur turunan yang juga memanjang.
“Kali ini sudah yang ke empat kalinya mengikuti gowes, dan alhamdulillah bisa full track di jalur-jalur yang di siapkan panitia pelaksana,”ucapnya.
Panitia pelaksana menyediakan 60 unit sepeda gunung plus 5 buah sepeda gunung dengan seharga Rp 5 juta rupiah, dan hadiah utama berupa 3 unit sepeda motor matic yang pada akhirnya di bawa pulang peserta dari Pelaihari, Banjarbaru dan Batola.Tung

3
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook