PUBLIK

Pacu Pengembangan Usaha Lewat Sepuluh Gerobak Untuk PKL

INFOTANAHLAUT.COM- Salah satu perbankan milik pemerintah lewat program Coorporate Social Rsponsibility (CSR) membagikan 10 buah gerobak untuk Pedagang Kaki Lima (PKL), namun tentunya PKL yang bisa mendapatkan gerobak haruslah menjadi anggota organisai PKL Uber Rezeki Pelaihairi dan sudah melalaui ketentuan yang telah di tetapkan organisasi PKL Uber Rezeki Tala.
Selasa, (16/10/2018) selepas apel pagi karyawan di kantor Setda Tanah Laut, secara simbolis bupati Tala H.Sukamta menerimakan 2 unit gerobak dari pihak perbankan tersebut untuk selanjutnya di serahkan kepada 2 orang PKL.
Bupati Tala H.Sukamta mengatakan, hal ini untuk mendorong PKL dalam perluasan usahanya, dan nantinya akan ada pinjaman dengan bunga 0 persen dan KUR 7 persen yang akan di tanggung oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Laut. Semua sudah barang tentu akan di subsidi yang pinjamannya di bawah Rp 10 juta.
“Mudah-mudahan upaya ini menjadi salah satu penunjang program visi dan misi bupati 5 tahun kedepan, karena merupakan bagian ekonomi dan badan pendapatan untuk selanjutnya merumuskan Peraturan Bupati (Perbup), dengan kriteria apa saja yang bisa mendapatkan subsidi bunga 0 persen KUR dari perbankan 12 persen, subsidi oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Laut 5 persen dan masyarakat yang membayar 7 persen,”kata bupati.
Sementara itu, Tarmiji pimpinan cabang perbankan milik pemerintah yang ada di Pelaihari mengatakan, bantuan gerobak ini sebagai bentuk rangsangan kepada para PKL secara bertahap, dan nanti tahapan selanjutnya atau level kedua jika PKL punya kemampuan atau skill dalam pengembangan usaha maka kemungkinan di salurkan dana KUR Mikro.
“Untuk KUR Mikro sendiri memang sudah fokus dan sudah banyak di salurkan ke semua segmen ekonomi kemasyarakatan seperti pertanian, perkebunan, peternakan termasuk sektor home industri. Harapan, setelah mereka dapat bantuan gerobak ini mereka akan tumbuh dan berkembang dan melahirkan pengusaha-pengusaha baru yang naik kelas dan kontinyu di lanjutkan oleh kalangan mereka sendiri atau bergulir,”kata Tarmiji.
Di tempat yang sama, Amin Al Husien salah seorang pedagang minuman STMJ di Jalan H.Boejasin Pelaihari yang mendapat bantuan gerobak mengungkapkan rasa senangnya. Ia sendiri salah satu PKL yang telah masuk sebagai anggota PKL Uber Rezeki Tala. Usaha membuka minuman STMJ hanya buka dari sore pukul 18.00 wita sampai ke pukul 23.00 wita.
“ini sudah menjadi harapan yang memang lama di tunggu, alhamdulillah Pemkab Tanah Laut telah memperhatikan keberadaan PKL, dan menjadi semangat untuk berusaha meningkatkan kesejahteraan keluarga,”katanya.
Ia mengakui, selama ini saat jualan STMJ begitu-begitu saja, sulit untuk mengembangkan usaha lain salah satunya tempat atau wadah. Dengan gerobak ini usaha tambahan mungkin jualan pulsa atau gorengan, barangkali juga di lengkapi dengan aneka usaha lain yang memang di perlukan bagi warga yang suka nongkrong-nongkrong di malam hari.Tung

2
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook