PEMKAB TALA

PAD Tower Telekomunikasi Lebihi Target

INFOTANAHLAUT.COM- Jika selama ini anda menggunakan telpon seluler jelaslah tidak lepas dari adanya tower-tower pancakar langit yang tidak lain adalah sarana penunjang vital bagi pengguna telpon seluler. Keberadaan tower-tower tersebut tidak semata hanya berdiri tegak dan menjulang tinggi, namun bagi Pemkab Tanah Laut menghasilkan sebuah pendapatan bagi daerah lewat retribusi bagi tower-tower tersebut.
Sukartin,kepala bidang (kabid) pendapatan lain-lain,retreibusi daerah dan pelaporan Sukartin,Kamis (20/09/2018) mengatakan,target retribusi untuk tower telekomunikasi sebesar Rp 408.000.000 murni dan di APBD perubahan target sebesar Rp 449.814.000 untuk tahun 2018 ini. Sementara di tahun 2017 lalu target juga masih sama.
“Sebelum APBD perubahan ada sebanyak 100 buah tower karena masih menggunakan Perda sebelum perubahan,dan setelah perubahan Perda ada sebanyak 183 tower,di mana awalnya hanya ada 163 tower di tahun 2017″jelas Sukartin.
Ia menjelaskan,pada tahun 2017 lalu target retrebusi dari tower sebesar Rp 175.000.000 dan telah melampui target dengan realisasi sebesar Rp 400.654.000.
Sementara terhitung dari bulan Januari sampai September 2018 ini penerimaan retribusi tower masih 0 rupiah,hal ini karena perusahaan owner tower biasanya melakukan pembayaran retribusi menjelang akhir tahun,ujarnya.
Sementara itu Mulyadi,S.sos Kasi Pengelola Saluran Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi Dan Informatika (Diskominfo) Tala secara tehnis menjelaskan,persyaratan pemasangan tower sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) nomor 66 tahun 2017 tentang penataan dan pembangunan menara telekomunikasi di Tanah Laut pada pasal 16 persyaratan administrasi dan teknis. Untuk administrasi ada 13 item,dan teknis 3 item.
Di jelaskannya,bila tinggi tower 60 meter maka jarak bebas bangunan 2 tapak kaki dari bangunan terdekat,dan di bawah 60 meter maka jarak bebas bangunan 1 tapak kaki. Persetujuan warga juga mutlak di perlukan yakni 125 persen persetujuan masyarakat sekitar untuk ketinggian 60 meter. Di pasal 16 dari Perbup tersebut di katakan mengacu pada SNI atau standar baku yang berlaku secara Internasional serta tertuang dalam bentuk dokumen teknis yang mendapatkan rekomendasi dari dinas teknis,maka gambar rencana teknis bangunan menara meliputi situasi denah, rencana pondasi dalam skala 1:100, tampak potongan dan detail serta perhitungan struktur. Kemudian spesifikasi tehnis pondasi menara meliputi data penyelidikan tanah,jenis pondasi,jumlah titik pondasi,dan termasuk geoteknik tanah. Selanjutnya spesifikasi teknik struktur atas menara, meliputi beban tetap (beban sendiri dan beban tambahan),beban sementara (angin dan gempa),beban khusus,beban maksimum menara yang di ijinkan,sistem konstruksi,ketinggian menara,dan proteksi terhadap petir.
Mendirikan tower telekomunikasi jelas ada syarat administrasi lain yang harus di penuhi yakni surat permohonan,foto copy KTP pemohon,surat keterangan tata ruang,foto copy akte pendirian perusahaan,rekomendasi camat dan kepala desa,surat keterangan tanah (sporadik atau sertifikat),surat keterangan tidak keberatan dari sebelah menyebelah (radius setinggi menara plus 25 persen), surat kelayakan konstruksi sesuai SNI, surat pernyataan jaminan tower atau jaminan asuransi,surat pernyataan jaminan bersedia membayar retribusi pengendalian menara telekomunikasi setiap tahun,surat pernyataan bersedia menjadi menara bersama,surat pernyataan bersedia membongkar menara apabila sudah tidak di pergunkan lagi,gambar desain dan sondir tanah.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook