PUBLIK

Pandan Sari Pilot Project BPJS Ketenagakerjaan

INFOTANAHLAUT.COM- Gerakan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di resmikan oleh Bupati Tanah Laut Bambang Alamsyah, Rabu (11/10) di gedung Balairung Tuntung Pandang, dan dalam program ini Desa Pandan Sari di jadikan percontohan yang telah menjalankan program ini.

Direktur Perluasan Kepesertaan dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan E. Ilyas Lubis mengatakan, jaminan sosial juga berfungsi sebagai pencegah kemiskinan. Selain itu BPJS ketenagakerjaan juga bertujuan untuk menjamin hari tua para tenaga kerja. Manfaat lain BPJS ketenagakerjaan juga yaitu bisa kredit kepemilikan rumah dengan tingkat bunga rendah. Selain itu, kartu BPJS ketenagakerjaan juga bisa digunakan untuk meminimalkan pengeluaran.

“Kami telah memiliki 48 juta peserta BPJS Ketenagakerjaan,” terangnya.
Di kesempatan itu pula, bupati Tala Bambang Aalamsyah mengatakan, kita harus memperhatikan apa yang harus kita persiapkan untuk masa yang akan datang.
“Saya minta kepada par camat agar bisa mensosialisasikan dan bekerja sama dengan baik untuk memberi pemahaman kepada masyarakat mengenai BPJS ketenagakerjaan,” harap Bambang.
Diakhir acara turut dilakukan penandatanganan MoU antara Kepala Cabang BPJS dengan Kepala Desa Pandan Sari Kecamatan Kintap. Selain itu dalam kesempatan ini juga turut dilakukan penyerahan Papan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, Sertifikat dan Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan serta Cinderamata.
Dilanjutkan dengan penyerahan santunan jaminan kecelakaan kerja (JKK) kepada Ruswida Ahli Waris (Alm) Hasrullah Eks Karyawan PT.Darma Henwa sejumlah Rp 121.519.000 dan santunan jaminan kematian (JKM) kepada Siti Asiah Ahli Waris (Alm) Tomy Adrianto Eks Karyawan PT.Smart sejumlah Rp 24.000.000.

Kabupaten Tala pun mendapatkan penghargaan dari BPJS Ketenagakerjaan atas dukungan Pemkab Tala dalam pelaksanaan program BPJS Ketenagakerjaan di Kabupaten Tala, dan di lanjutkan dengan penyerahan cinderamata berupa kain sasirangan dari Pemkab Tala kepada Direktur Perluasan Kepesertaan dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan E. Ilyas Lubis.

Sementara itu Syamhani kepala desa Pandan Sari mengatakan, pertumbuhan ekonomi masyarakat Desa Pandan Sari cukup berkembang, dan menyikapi program BPJS di sadari bahwa suatu saat dalam bekerja akan mendapati musibah, itulah makanya di siapkan segala sesuatunya.

“berharap bagi desa-desa lainnya juga bisa mengikutkan warganya dalam program BPJS, 40 persen warag Desa Pandan Sari adalah petani, sebagiannya karyawan swasta di perusahaan, dan masuk dalam program BPJS baru selama 3 bulan,” jelasnya.

Di kegiatan lounching Desa Sadar BPJS ini juga di siapkan pelayanan untuk mendaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Turut berhadir anggota Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Eko Darwanto, kepala Divisi Perluasan Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Cotta Sembiring, kepala Kantor Wilayah Kalimantan BPJS Ketenagakerjaan Heru Prayitno, kepala Pemasaran Kantor Wilayah Kalimantan BPJS Ketenagakerjaan Suparwi, kepala Kantor Cabang Banjarmasin BPJS Ketenagakerjaan Ramadhan Sayo, Forkopimda Tala, para kepala Desa, serta para pejabat di lingkup Pemkab Tala.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook