PEMERINTAHAN

Panen Padi Terjadi Peningkatan

INFOTANAHLAUT.COM-Desa Kandangan Lama Kecamatan Panyipatan, Rabu (29/3) tadi panen raya padi. Panen raya jenis padi Impain 15 dan Impain 20 ini mengalami peningkatan produksi.
Kepala dinas tanaman pangan, holtikultura dan perkebunan Tala Achmad Mustahdi, Jum’at (31/3) kemarin mengatakan, atas panen raya padi ini memang terjadi peningkatan produksi, dimana rata-rata produksinya mencapai 10 ton, yang berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya mencapai 7 ton.
“peningkatan ini juga di dukung dengan adanya peralatan pertanian, sehingga tanam bias cepat,” ujanya pula.
Seiring dengan adanya perintah presiden RI bahwa secara keseluruhan se Indonesia di upayakan melakukan perluasan tanaman pangan, dalam rangka menuju program ketahanan pangan atau Swasembada Beras.
Maka dari itu, Pemkab Tanah Laut pun secara serius pula menyikapi perintah tersebut, salah satunya yakni dengan terus melakukan pengadaan atau mendistribusikan peralatan pertanian ke Kementerian Pertanian.
Kabupaten Tanah Lautsendiribisa di katakan paling banyak mendapatkan peralatan pertanian dari Kementerian Pertanian, dan sejalan dengan itu sebagai komitmen Pemkab Tala dengan petani untuk mewujudkan program ketahanan pangan, yang di topang pula dengan perbaikan infrastruktur jalan usaha tani, serta meningkatkan SDM petani.
Selain penguatan pada tanaman pangan terang Mustahdi, yang sekarang tengah dilakukan adalah pengembangan komoditi bawang merah, dimana saat sekarang penangkaran bibit bawang merah seluas 5 hektar, untuk selanjutnya di tahun mendatang di perluas menjadi 20 hektar.
Diakui tambahnya, inflasi paling tinggi adalah berada di tanaman bawang merah. Untuk kebutuhan bawang merah di Tanah Laut termasuk Kalsel secara meluas masih di datangkan dari daerah Jawa, itupun jika kondisi cuaca di perairan tidak ekstrem, namun kalau cuaca ekstrem jelaslah pengiriman bawang merah juga ikut tersendat.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook