PERTANIAN & BUDIDAYA

Panen Plus Syukuran Bersama Kementan RI

INFOTANAHLAUT.COM-Sebagai ucap syukur atas panen jenis padi Gogo Rancah di Desa Kandangan Lama Kecamatan Panyipatan, Kamis (21/2/2019) di teruskan dengan syukuran, dan dalam syukuran panen di hadiri tamu istimewa dari Direktorat Jendral (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian RI serta bupati Tala H.Sukamta, Dandim 1009 Pelaihari Letkol Infanteri Bagus Budi Adrianto.
Di kesempatan itu juga sekaligus dilakukan panen perdana padi yang di tanam di lahan kering sistem Gogo Rancah.
Penanaman padi sistem gogo rancah ini merupakan teknik tanam padi bukan bibit namun biji di lahan kering atau areal padi tadah hujan.
Bupati Tala dalam mengatakan, penanaman sistem gogo rancah merupakan program dari Kementan RI, beberapa waktu lalu telah di tanami padi unggul saat musim kemarau dengan stimulan 880 hektar, namun ternyata petani di Desa Kandangan Lama menanam hingga 2.000 hektar tanaman padi.
“Kini telah memasuki masa panen, sehingga patut untuk kita syukuri bersama,”kata bupati Tala.
Bupati Tala menambahkan, rasa terima kasih atas perhatian Kementan RI yang telah memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) yang hingga kini mencapai Rp 100 Milyar untuk peningkatan produktivitas pertanian di Tala.
Sementara itu Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan RI Sarwo Edi memberikan apresiasi kepada para petani di Desa Kandangn Lama atas keberhasilan menanam padi sistem Gogo Rancah.
“Jika sudah selesai panen, segera di garap dan di tanami kembali agar lahan terpilihara dengan baik, dan kalau bisa di tanami 2 kali dalam setahun,”ujar Sarwo Edi.
Sarwo Edi melanjutkan, Kalimantan Selatan merupakan salah satu lumbung pangan di Indonesia, dan Kabupaten Tanah Laut termasuk kabupaten penyangga pertanian di Kalsel. Pemerintah melalui Kementan RI secara maksimal pasti memperhatikan kepentingan petani, dan menyangkut bantuan Alsintan yang telah di berikan, agar di gunakan semaksimal mungkin, untuk meningkatkan produksi pertanian para petani di Tala.
Dalam panen perdana serta syukuran panen tampak pula hadir Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kalsel, Ketua DPRD Tala Haryanto, Kejari Tala, Polres Tala, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Tala Ahmad Mustahdi, Kepala SKPD, Camat, Kelompok Tani dan para petani Desa Kandangan Lama.
Dari data Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (Distanholbun) Tala, dari luasan areal 880 hektar lahan tersebut telah mampu menghasilkan padi sebanyak 3,7 sampai 4 ton padi per hektarnya.(Mul)

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook