PEMKAB TALA

Pansus LKPJ Dua Kabupaten Duduk Satu Meja

INFOTANAHLAUT.COM- DPRD Kabupaten Tanah Laut, Kamis (5/4) khususnya Panitia Khusus (Pansus) LKPJ kedatangan tamu dari DPDR Kabupaten Barito Timur (Bartim) povinsi Kalimantan Tengah. Kedatangan DPRD Bartim juga tergabung dalam pansus serupa.
Di ruang induk gedung DPRD, Pansus DPRD Bartim di terima oleh Ikhwan Hariri dan ketua pansus LKPJ DPRD Tala Yoga.
Pertemuan yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam ini terjadi dialog satu sama lain.
Selaian dari wakil rakyat dari kedua kabupaten, dari pihak eksekutif Pemkab Tala juga turut di hadiri dari bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Setda Tala.
Para anggota DPRD Bartim yang tergabung dalam pansus LKPJ yang datang ke bumi Tuntung Pandang hanya menggunakan jalaur darat, karena memang antara Kalse dan Kalteng tidak lah teralu jauh dan jarak tempuh hanya selama kurang lebih 4 perjalanan.
Usai pertemuan, ketua Pansus LKPJ DPRD Bartim Gumelson Lazarus Bayan,Skm mengatakan, kedatangan ke Tanah Laut merupakan studi banding mengenai LKP J tahun 2017 serta LKPJ tahun 2013 sampai 2018 karena merupakan masa akhir jabatan kepada daerah di Bartim.
Ia menambahkan, antara Kabupaten Tanah Laut dengan Bartim secara pemerintahan sama yakni juga ikut dalam Pilkada serentak, baik yang petahannya maupun yang baru.
Kabupaten Bartim yang baru berusia 15 tahun merupakan daerah baru hasil pemekaran, dimana sektor pertambangan menjadi primadona, dan kini kewenangan tambang pindah ke Pemprov Kalteng, maka PAD di Bartim hanya kurang lebih sebesar Rp 136 millliar.
Lebih lanjut Gumelar mengatakan, dari hasil yang di dapat dari DPRD Tala seperti adanya pokok-pokok pikiran (Pokir), karena di Bartim sendiri soal pokir ini masih belum begitu lancar atau mis komunikasi, jadi inilah yang di sampaikan ke Pemkab Bartim dalam rapat pembahasan anggaran, termasuk dari hasil reses yang dilakukan.
Sementara itu ketua pansus LKPJ DPRD Tala Yoga mengutakan, kedatangan DPRD Bartim yang membahas laporan keterangan pertanggung jawaban kepala daerah 5 tahunan.
“dalam dialog yang panjang lebar di kupas pula tentang mekanisme penganggaran serta hal lain yang perlu untuk di sharingkan agar terjadi kemajuan bagi kedua daerah, bedanya kalau DPRD Bartim membahas LKPJ 5 tahunan, maka di Kabupaten Tanah Laut LKJP tahunan, namun untuk LKJP 5 tahunan di Tala nanti itu di sampaikan pada bulan Juli 2018 oleh bupati sesuai masa jabatan yang habis, karena saat ini bupati tengah ambil cuti ikut sebagai peserta pilkada di Tala,” beber Yoga.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook