WISATA

Pantai Takisung Sudah Steril Dari Pedagang

INFOTANAHLAUT.COM-Pemandangan terasa begitu plong di pantai Takisung, manakala bangunan-bangunan pedagang bagaikan pasar yang berada di bawah pohon-pohon kelapa kini telah steril, dan para pedagang pun menempati lokasi baru untuk tempat berjualan mereka di dekat lokasi parkir kendaraan.
Oleh Pemkab Tala melalui Dinas Pariwisata Tala, para pedagang yang berada di lokasi dekat pantai tidak satu pun tertinggal, mereka di bangunkan tempat berjualan dengan bangunan yang permanen.
Kepala Dinas Pariwisata Tala Akhmad Khairin, Kamis (13/12/2018) saat berada di pantai Takisung mengatakan, relokasi memang di prioritaskan kepada pedagang yang tidak jauh dari lokasi semula, sehingga para pengunjung pantai akan merasakan nyaman saat berkunjung, pengunjung merasakan memang sebuah objek wisata pantai bukan seperti masuk kedalam pasar.
Khairin menambahkan, ada sebanyak 66 buah kios yang di siapkan bagi pedagang dan itu pun secara bertahap akan ada nantinya penambahan kios. Relokasi menjadi harapan juga dalam rangka untuk menarik wisatawan.
“Berbagai kegiatan telah di siapkan untuk menghidupi objek wisata, termasuk infrastruktur pelengkap wisata pantai Takisung yang masih kurang pun akan di lengkapi, dan juga di telah dilakukan penghijauan di sekitar pantai,”kata Khairin.
Objek wisata pantai Takisung diakui menjadi salah satu objek wisata andalan Kabupaten Tanah Laut yang pengunjungnya tidak saja masyarakat lokal, namun juga non lokal. Seperti halnya pergantian tahun maka pantai ini acap kali selalu di padati pengunjung, bahkan sampai terjadi kemacetan arus lalu lintas.
Menurut Khairin, dengan telah di relokasinya pedagang, lokasi pantai cukup luas untuk menampung pengunjung, dan menjadi harapan pada pergantian tahun ini kunjungan ke pantai juga semakin banyak, atau pada moment-moment libur sekolah.
Pemkab Tala sendiri hanya fokus untuk pembenahan 2 buah pantai yakni pantai Takisung dan pantai Batakan, walau ada sejumlah pantai lain namun itu di kelola oleh swasta atau di kelola desa seperti pantai Asmara, Joras, Swarangan dan pantai Turki di wilayah Kecamatan Jorong.
Sementara itu Abul Hamin selaku ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) pantai Takisung mengungkapkan, terdata sebenarnya ada 120 pedagang, sisanya menyusul dari 66 pedagang yang dapat kios.
“Tidak saja pada moment tahun baru pantai selalu ramai, pasca lebaran pun tetap menjadi moment membludaknya kunjungan ke pantai,”ungkapnya.
Telah sterilnya pantai dari para pedagang menjadi harapan pantai tetap terjaga ke indahan dan kebersihannya.
Heri, salah seorang pedagang yang masuk dalam relokasi menyambut baik atas pemindahan tesebut.
“Hanya saran saja, seharusnya bangunan kios yang baru posisinya tidak ngumpul, saling membelakangi tapi menyebar di beberapa titik namun masih di dalam kawasan parkir, dan diakui pada kondisi semula saat pedagang masih di pantai sangat kumuh,”ungkapnya.Tung

2
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook