RELIGI

Pantau Hilal Dipantai Takisung

INFOTANAHLAUT.COM- Untuk melihat datangnya 1 syawal 1439 Hijriah setelah selama 1 bulan umat muslim menjalankan ibadah puasa,maka di teruskan dengan lebaran Idul Fitri yang jatuh pada 1 syawal atau bertepatan dengan hari Jum’at 15 7Juni 2018.
Sejalan itu prosesi Rukyatul hilal awal syawal 1439 hijriah dilakukan oleh kantor Kementerian Agama Tanah Laut bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Laut dan Badan Hisab Rukyat Tanah Laut,melakukan pengamatan hilal 1 syawal dengan mengambil lokasi di pantai Takisung, Kamis (14/6) yang bertepatan dengan 29 ramadhan 1439 H.
Data astronomi hilal di lokasi rukyat, salah satu penananda berakhirnya bulan yang lama dan masuknya bulan baru adalah peristiwa itjimak.
Data astronomi hilal di lokasi rukyat, salah satu penanda berakhirnya bulan lama dan masuknya bulan baru adalah terjadinya peristiwa ijtimak,yaitu ketiga buah benda langit yaitu matahari, bumi dan bulan berada pada jalur ekliptika yang sama atau ketiganya berada pada satu garis lurus di bujur langit.
Berdasarkan data hisab di lokasi observasi pantai Takisung dari lokasi rukyat ilang matahari terbenam 18.19 di alzimut,sedangkan bulan terbenam, bulan hilal di atas 7. Posisi berada di 7 derajat. Sudut jarak matahari bulan. 8
Di kesempatan tersebut juga hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Tala Drs Syahrian Nurdin. Sekda mengatakan, tentu hal ini sudah kita tunggu-tunggu. Semoga amal ibadah kita di terima,dan sikap selama ramadhan dapat di terapkan di bulan bulan berikutnya.
“Alhamdulillah Tanah Laut telah terbentuk Badan Hisab Rukyatul Hilal,dari 13 kabupaten kota di Kalsel,Tala pelopor pertama kali. Semoga ini dapat di ikuti oleh daerah-daerah lain, terlebih Tanah Laut menjadi salah satu titik melihat hilal. Kedepannya tidak hanya menentukan lebaran tapi bisa di pergunakan untuk membenarkan arah kiblat di tempat ibadah yang ada di Tanah Laut,”ungkap Sekda.
Pada kondisi hilal tidak terlihat di Tanah Laut akibat terhalang kabut dan awan,namun di tetapkan bahwa pada 15 Juni 2018 adalah awal syawal 1439 H.
Kegiatan tersebut di hadiri H.Rusbandi kepala Kemenag Tala,Asisten bidang ekonomi pembangunan dan kesejahteraan rakyat,Ketua PCNU Tanah Laut,perwakilan Muhammadiyah Tanah Laut,serta perwakilan dan camat Takisung.Tung

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook