PEMKAB TALA

Pasar Hewan Tipe A Diancar-Ancar Rp 9 Milliar

INFOTANAHLAUT.COM- Setelah mendapatkan hibah lahan dari dua perusahaan yakni PT.Arutmin Indonesia dan PT.Mitratama Perkasa kepada Pemkab Tanah Laut seluas 5 hektar yang lokasinya berada di jalan Raya Takisung Desa Bekatung Kecamatan Pelaihari,maka lahan tersebut menjadi kewenangan penuh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Tanah Laut.
Di lokasi lahan tersebut selanjutnya bakal di bangun pasar hewan modern bertipe A,sebagai relokasi dari pasar hewan yang sudah ada di Kelurahan Sarang Halang. Pasar hewan modern tipe A yang kini tengah di rancang-rancang bentuk bangunannya oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan,di ancar-ancar akan menyedot dana pembangunan sebesar Rp 9 milliar rupiah.
Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Tanah Laut Ir.Suharyo,Minggu (13/07/2018) mengatakan,memang dari awal pasar hewan yang berada di Kelurahan Sarang Halang itu sudah bertipe A,hanya saja pada saat akan dilakukan pengembangan terkendala oleh lahan.
“kini kedepannya Kabupaten Tanah Laut akan memiliki pasar hewan yang representatif,dan sangat bersyukur sekali atas adanya lahan seluas 5 hektar tersebut,minimal untuk armada tronton sudah bisa masuk ke pasar hewan,”kata Suharyo.
Lebih lanjut kata Suharyo,di APBD perubahan tahun 2018 ini sudah di mulai pembangunan fisiknya oleh Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Tanah Laut berupa pondasi,dan selain itu juga sambil dalam proses menunggu selesainya naskah hibah dari kedua perusahaan,baru nanti menyusul sertifikat serta menyangkut ijin-ijin lainnya.
Sementara kalau menyangkut besarnya dana juga nantinya mencoba menjaring dari APBD provinsi Kalsel maupun dana di Kementerian Peternakan Pusat dengan patokan Rp 9 milliar rupiah itu sampai selesai di bangun.
Untuk di ketahui bahwa pasar hewan tipe A ini kelak merupakan satu-satunya pasar hewan terbesar di Kalimantan,karena dapat menampung 1.000 ekor ternak sapi.
Dalam membangun pasar hewan tipe A tentu ada persyaratan yang harus di penuhi. Tercatat ada sebanyak 12 item menuju pasar hewan tipe A modern berdasarkan petunjuk teknisnya. Ke 12 item yang sudah di persiapkan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Tanah Laut adalah gerbang/nama pasar hewan, kantor dan perlengkapan,tambatan ternak,klinik ternak,loading ternak, rumah jaga, kandang jepit,timbangan ternak,fasilitas informasi pemasaran, toilet,mushola,fasilitas perbankan,pos jaga,tempat makan minum,dan hotel ternak. Sementara untuk beberapa persyaratan lain yang belum di penuhi yakni tempat kandang penampung ternak, gudang pakan,fasilitas saprodi ternak, dan packing block lantai masih dalam usulan.
Melengkapi pasar hewan modern juga di bangun sarana lain di sekitanya berupa tempat lomba burung,pasar unggas serta pasar aneka ternak lainnya. Sampai sekarang Kabupaten Tanah Laut masih menjadi pemasok daging sebanyak 40 persen kebutuhan akan daging di Kalimantan,tutup Suharyo.Tung

0
0%
like
0
0%
love
1
100%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook