DUNIA USAHA

Pasar Wadai Pakai Konsep Ramadhan Expo

INFOTANAHLAUT.COM- Tradisi pasar wadai di bulan suci ramadhan dalam setiap tahunnya selalu menyajikan berbagai macam menu makanan dan minuman. Semua yang namanya produk lokal baik aneka kue dan minuman, pasti dapat di jumpai di pasar wadai tersebut, dan oleh Dinas Pariwisata Tanah Laut selaku leading sektor kegiatan pasar wadai menjamin bahwa produk makanan dan minuman di pasar wadai tidak menggunakan bahan-bahan berbahaya yang bukan untuk makanan, karena sebelumnya para pedagang telah terlebih dahulu mengikuti pelatihan bersama Dinas Kesehatan Tanah Laut.
Kamis (17/5) sore, pasar wadai ramadhan yang di motori oleh Dinas Pariwisata Tanah Laut menggelar pasar wadai ramadhan. Konsep pasar wadai tahun ini sendiri yakni Ramadhan Expo 2018.
Kepala Dinas Pariwisata Tala Ahkmad Khairin mengatakan, tidak semata hanya kegiatan ceremonial semata di gelaran pasar wadai, namun jauh dari itu terjadi yang namanya perputaran uang di pasar wadai, ada terjadi kegiatan ekonomi di pasar wadai.
“Menggunakan konsep Ramadhan Expo karena tahun ini pelaksanaan pasar wadai tidak semata hanya di ikuti oleh para pedagang kue, makanan dan minuman, nanun tahun ini pasar wadai di ikuti oleh unit perbankan, dealer sepeda motor maupun mobil, dan sejumlah Usah Kecil Menengah (UKM) lainnya, provider telekomunikasi seluler, termasuk ada pula penyediaan mobile pelayanan pajak dari Samsat, dan tahun ini terjadi peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya yakni 80 peserta, sementara tahun sebelumya hanya berkisar 60-an, juga memberikan kesempatan bagi PKL untuk meramaikan ramadhan expo,”jelas Khairin.
Lebih lanjut Khairin mengatakan, memang ada wacana untuk mengubah tata letak lokasi pasar wadai ini, yakni di halaman Pertasi Kencana, depan RTH dan di depan Balairung Tuntung Pandang, namun dari berbagai masukan kalangan masyarakat lebih memilih di depan Balairung dengan alasan akses menuju lokasi bisa di tempuh melalui jalur mana saja, di samping sebagai titik pusat keramaian yang di nilai strategis.
Pasar wadai Ramadhan Expo di buk aoleh penjabat bupati Tala Achmad Sofiyani, dengan melakukan pemukulan beduk yang di saksikan ketua DPRD Tala, Forkopimda dan kepala SKPD lainnya.
Di kesempatan itu penjabat bupati Tala meminta agar budaya khas dengan pasar wadai ini untuk tetap terus di lestarikan dan di tingkatkan.
“peran dari dunia usaha lainnya di ramadhan expo dapat menjadi pemicu perkembangan perekonimian Kabupaten Tanah Laut,”kata Sofiyani.
Usai membuka, penjabat bupati Tala Achmad Sofiyani beserta Forkopimda melakukan kunjungan ke stand pedagang kue, bakar-bakaran ikan, hingga sampai berdialo dengan para sales dealer sepeda motor yang juga ikut sebagai peserta.
Salah satunya dengan Edy Porwanto,SE dari sub dealer Yamaha, penjabat bupati mendapat penjelasan tentang produk baru sepeda motor matic produk Yamaha.
Pasar wadai atau Ramadhan Expo 2018 juga dalam setiap harinya di isi dengan kegiatan panggung hiburan.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook