PUBLIK

Paskan Wajah, Nomor Urut Dan Nama Disurat Suara

INFOTANAHLAUT.COM- Tercatat ada sebanyak 191 orang para calon kepala desa yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak di 52 desa yang tersebar di 11 kecamatan di Kabupaten Tanah Laut pada tanggal 15 November 2017 mendatang.
Jum’at (22/9) di gedung SKB Pelaihari, ratusan orang calon kades tersebut melakukan verifikasi terhadap surat suara, baik menyangkut foto diri calon, nomor urut dan nama sudah sesuai atau ada perubahan di surat suara sebelum di cetak.
Pada tahapan verifikasi surat suara tersebut di fasilitasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Tanah Laut.
Dari seluruh pada calon kades, DPMD Tala terpaksa membatalkan dan menunda 1 desa untuk melaksanakan Pilkades yakni Desa Muara Kintap di Kecamatan Kintap dengan calon kadesnya sebanyak 12 orang, dan sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku serta Perda Kabupaten Tanah Laut nomor 4 tahun 2015 tentang Pilkades maka khusus bagi Desa Muara Kintap pelaksanaan Pilkades di undur sampai tahun 2019. Penundaan Desa Muara Kintap sendiri lantaran adanya saling protes di antara 12 calon kadesnya pada saat panitia pelaksana tes tertulis mengumumkan hasil tes tertulis beberapa waktu lalu.
Kepala DPMD Tal M.Hanil di sela-sela verifikasi surat suara pilkades mengatakan, di tahapan pencocokan surat suara dengan nama-nama kades yang bersangkutan agar dalam pelakasanaan pilkades tidak ada lagi calon yang komplain dengan dirinya ketika surat suara di cetak.
Sementara menyikapi permasalahan Desa Muara Kintap yang di anggap bermasalah menurut Hanil, pada hasil tes tertulis beberapa waktu lalu ada kekelirusan penulisan dari panitia desanya, seharusnya hasil point tes tertulis 28 namun tertulis 25, namun di rangking ulang hasilnya oleh 12 calon itu tetap tidak terima dan minta tes ulang.
“ada kesepakatan hasil tes tertulis itu saat sebelum meninggalkan ruang tes, namun sepulang dari ruang tes ke 12 calon saling tidak terima, di samping itu panitia desa juga sampai sekarang tidak ada memberikan keputusan atas polemik tersebut, di minta tes ulang sudah pula di penuhi namun tidak ada respon pula dari panitia desa, dan melihat perkembangannya belum ada titik terang, maka bagi Desa Muara Kintap pelaksanaan pilkades di undur 2 tahun kedepan,” Jelas Hanil.
Ia menambahkan, untuk mengisi stagnan di pemerintahan Desa Muara Kintap, maka di tunjuk pejabat yang biasanya itu PNS, guru atau aparat kecamatan.
Pelaksanaan pilkades serentak di 11 kecamatan kelak tercatat untuk Kecamatan Pelaihari 5 desa, Kecamatan Bajuin 6 desa, Kecamatan Takisung 7 desa, Kecamatan Panyipatan 1 desa, Kecamatan Batu Ampar 10 desa, Kecamatan Jorong 4 desa, Kecamatan Kintap 7 desa, Kecamatan Kurau 3 desa, Kecamatan Bumi Makmur 2 desa, Kecamatan Tambang Ulang 5 desa, dan Kecamatan Bati-Bati 2 desa.
Sementara dari ratusan calon kades, Rusdiani calon kades Gunung Raja Kecamatan Tambang Ulang dalam komentarnya mengatakan, pada pelaksanaan kampanye masing-masing calon hendaknya jangan sampai saling menjatuhkan, berkompetisi yang sehat, soal kalah jangan menjadi kecewa atau dendam, dan yang menang jangan berbesar hati, namun sama-sama membangun desanya agar lebih maju, ungkapnya.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook