PEMERINTAHAN

Pasukan Pengamanan Pilkades Siap Bertugas

INFOTANAHLAUT.COM- Hari Rabu (15/11), merupakan sebuah pesta demokrasi bagi masyarakat di tingkat desa, karena dilakukan pemilihan kepala desa (Pilkades) secara serentak di 52 desa pada 11 kecamatan dan dengan calon kadesnya ada sebanyak 188 orang.

Sejalan dengan itu, Selasa (14/11) di halaman stadion Pertasi Kencana Pelaihari di lakukan gelar pasukan pengamanan pilkades serentak, dan gelar pasukan di pimpin langsung oleh bupati Tala Bambang Alamsyah, sementara bertindak selaku inspektur upacaranya Kapolsek Bati-Bati Iptu Supian Noor,SE.

Personil yang terlibat dalam gelar pasukan tersebut yakni dari Polri, TNI. Sat Pol PP dan Damkar, serta Linmas, berikut dengan armada roda dua Sabhara, Binmas, Satlantas, serta Awared Water Canyon.

Bupati Tala Bambang Alamsyah dalam arahannya mengatakan, ini sebagai bentuk kesiapan dalam mengantisipasi dan mengamankan pemilihan kades serentak, yang selanjutnya memerlukan pengamanan yang cukup ekstra, dimana membutuhkan banyak personil aparat keamanan.

“Pilkades ini mempunyai peran yang sangat signifikan bagi pembangunan dan kemajuan Desa, kita semua mengharapkan Pilkades dapat dilaksanakan dengan lebih efektif dan efisien,” kata Bambang.

Dalam kesempatan ini juga turut dilakukan penyematan pita dan penyerahan kotak suara dari bupati Tala kepada perwakilan TNI, Polri, Satpol PP, Hansip dan perwakilan Pemerintah Daerah.

Wakapolres Tala Kompol Wahyu Hidayat bersama bupati Tala Bambang Alamsyah selanjutnya melepas konvoi roda empat yang membawa logistik pilkades yang di kirim ke masing-masing kecamatan dengan pengawalan pasukan trail Sabhara Polres Tala.

Sementara itu Kabag Ops Polres Tala Kompol Fauzan Arianto selaku penanggung jawab pengamanan pilkades mengatakan, personil Polri yang di libatkan sebanyak 250 personil, dengan rincian 104 personil untuk pengamanan di TPS, juga melibatkan 1 pleton Dalmas, juga menerima atau bantuan BKO darii Brimob Polda Kalsel sebanyak 62 personil, serta ada 50 staf dan perwira dari Polres Tala untuk membantu pengamanan.

Ia menambahkan, untuk pola pengamanan di TPS ada 2 personil TNI, Polri, PNS dan Linmas.

“dari data intelijen Polres, hampir semua kecamatan memiliki potensi kerawanan, namun sudah di bagi 3 rayonisasi yang di tempatkan pasukan Dalmas di perkuat BKP dari Brimob Polda Kalsel. Pada rayonisasi 1 Kecamatan Bati-Bati, Tambang Ulang dan Kurau, Rayonisasi 2 Kecamatan Pelaihari, Takisung dan Panyipatan, dan rayonisasi 3 Kecamatan Batu Ampar, Jorong dan Kintap, dan pengamanan ini akan di kawal hingga sampai pelantikan kades terpilih,” jelas Fauzan.

Gelar pasukan pengamanan pilkades juga di hadiri Sekretaris Daerah H. Syahrian Nurdin, Ketua DPRD Tala Ahmad Yani, Forum koordinasi pimpinan daerah, para Camat se Kabupaten Tanah Laut, serta para Kapolsek dan Kasat di jajaran Polres Tala.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook