PEMKAB TALA

Pelaihari Perlu Identitas Sebuah Kota

INFOTANAHLAUT.COM-Layaknya kota-kota besar di Kalsel seperti Banjarmasin dan Banjarbaru, kota-kota tersebut memiliki identitas sebuah kota hanya dengan melihat infrastruktur yang ada di dalamnya.
Sebut saja kota Banjarbaru, sebuah bundaran berukuran besar yang ada merupakan lambang bahwa daerah itu memiliki identitas sebuah kota. Sama halnya dengan kota besar Jakarta yang juga memiliki sebuah bundaran yang di namakan bundaran Hotel Indonesia (HI).
Lantas bagaimana dengan kota Pelaihari, apakah juga punya bundaran yang berukuran besar seperti itu.
Memasuki kota Pelaihari tentu akan di sambut dengan sebuah pintu gerbang yang terdapat bentuk kapal yang berada di dekat pintu gerbang gunung Kayangan.
Ada obsesi yang tengah di kaji untuk di buat pula sebuah bundaran berukuran besar yakni di pintu masuk menuju Desa Ujung Batu, demikian di utarakan oleh Plt kepala Bappeda Tala Nur Tumai Irian Bari belum lama tadi.
Ia menambahkan, di titik lokasi tersebut di nilai cocok, di samping untuk lahan sendiri juga merupakan lahan milik Pemkab Tanah Laut yang telah di lepas oleh PTPN 13 walau selebihnya ada lahan warga.
“bebaskan lahan warga di sana, dan sudah barang tentu ada pembanguna kondisi jalan raya jika di buat bundaran ukuran besar,” terangnya.
Mewujudkan bundaran ukuran besar di titik tersebut sudah barang tentu di barengi dengan pengembangan jalan raya menuju kota Pelaihari hingga sampai ke persimpangan tugu Angsau. Proses pelebaran jalan sama persis dengn kondisi jalan A Yani yang telah dilakukan pelebaran sebelumnya, ujar Tumai.
Mewujudkan obsesi itu sudah barang tentu harus mendapat dukungan berbagai pihak, dan sudah saatnya Pelaihari ini berkembang seiring dengan adanya kawasan strategi nasional dengan di bangunnya pelabuhan Swarangan, dan dari Pemkab Tala sendiri yang tengah mempersiapkan sarana kesehatan berupa pembangunan rumah sakit tipe B terbesar di Kalsel.
Perkembangan daerah kelak lanjut Tumai, harus di persiapkan terlebih dahulu sarananya seperti kesehatan, sementara untuk sektor pendidikan sudah ada yang namanya Politeknik Negeri Tala, serta sekolah keagamaan bertaraf internasional MAN Insan Cendikia.Tung

2
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook