PUBLIK

Peluang Jadi Komisioner KPU Terbuka Lebar

INFOTANAHLAUT.COM-Peluang besar bagi masyarakat di Kabupaten Tanah Laut terbuka lebar jika ingin menjadi komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tala yang akan habis masa jabatanya 4 hari menjelang hari pencoblosan, tepatnya 24 Juni 2018 mendatang.
Sejalan dengan itu, Selasa (6/3) Panitia Seleksi (Pansel) dari provinsi Kalsel bertandang ke Kabupaten Tanah Laut. Dua orang anggota tim Pansel Provinsi Kalsel untuk zona 2 yang meliputi kota Banjarmasin, Kabupaten Tanah Laut, Banjarbaru, Banjar, Barito Kuala, Tanah Bumbu dan Kotabaru yakni Dr.Hj. Yulia Qamariyanti,SH, M.Hum dan Varinia Pura Damaiyanti,S.sos, M.si di dampingi Sekretaris KPU Tala Aan Norhuda melakukan kunjungan ke radio Tuntung Pandang FM untuk sekaligus melakukan sosialisasi terkait penjaringan komisioner KPU Tala.
Kedua orang tim pansel komisioner untuk KPU Tala ini pun menjabarkan tugasnya sebagai tim, dengan di pandu dua orang perempuan cantik sebagai moderatornya, yakni Irma Rosanti dan Katerina staf dari Dinas Kominfo Tala.
Usai melakukan sosialisasi dan interaksi dengan pendengar radio milik Pemkab Tala Varinia Pura Damaiyanti mengatakan, untuk komisioner Kabupaten Tanah Laut kedepannya hanya beranggotakan 3 orang saja dari sebelumnya 5 orang hal ini sesuai dengan UU tentang KPU.
Ia menjelaskan, penetapan komisoner 3 orang untuk Tala itu sekarang di lihat atau menyesuaikan keadaan luas wilayah dan jumlah penduduk. Prosesnya tetap sama untuk tesnya. Jika pada 5 tahun sebelumnya tes secara manual, maka tahun ini tes harus komputerisasi dan pelaksanaan tes di Banjarmasin.
“ada batasan maksimal bagi Tanah Laut yang ikut sebagai calon komisioner KPU yakni sebanyak 26 orang, dari situ nanti pansel menentukan 6 besar, kemudian dilakukan fit and profertes di KPU Pusat Jakarta, nah oleh KPU Pusatlah yang nantinya yang menetapkan 3 orang komisioner,” paparnya.
Sementara saat ini jabatan komisoner KPU Tala akan berakhir sebelum tuntasnya Pilkada, maka menurut Varinia tidak ada kebijakan perpanjangan komisioner yang ada, jika memang sudah habis masa jabatannya maka tetap dilakukan rekrut baru, soal itu nyambung atau tidaknya dengan program kerja komisioner terdahulu tidak ada istitah itu, dan ini merupaakan tantangn bagi komisioner KPU Tala yang baru kelak, dan dengan catatan komisioner yang lama bisa ikut kembali, namun yang sudah 2 periode jelas tidak di perkenankan, dan kerja sebagai komisioner KPU memang benar-benar harus full. Bagi ASN yang ikut maka ia harus mengundurkan diri sementara cuti di luar tanggungan negara sebagai ASN jika terpilih, namun jika tidak terpilih sebagai komisioner maka kembali menjadi ASN.
Sampai Selasa (6/3) belum ada berkas pelamar calon komisioner KPU Tala di kantor KPU Tala. Beberapa warga yang datang hanya meminta blangko sebagai calon komisioner Tala, dan batas akhir pelamar komisioner KPU Tala pada Senin (12/3) pekan depan.
Perlu di ketahui bahwa secara serentak pula tepatnya ada 15 provinsi di Indonesia yang juga melakukan seleksi komisioner KPU.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook