PERISTIWA

Pemadaman Api Dihutan Gunung Es Dan Balangian Terpaksa Dilanjutkan Besok Harinya

INFOTANAHLAUT.COM-Komunitas Masyarakat Peduli Api (MPA) Wani Hangit di Desa Riam Pinang Kecamatan Bajuin sebanyak 12 orang bersama jajaran 4 orang dari TNI, 1 dari Polri dan 4 orang dari Brikade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Brikdal) Taman Hutan Rakyat (Tahura) Sultan Adam, Senin siang (28/10) sekitar pukul 11.00 wita melakukan pemadaman api yang membakar di kawasan perbatasan antara Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tanah Laut, tepatnya hutan di gunung Es Kabupaten Tanah Laut dan gunung Balangian di Kabupaten Banjar.
Ketua MPA Wani Hangit Nor Kholiq menyebutkan, kepulan asap sudah mulai terlihat sejak siang pukul 11.00 wita, dan sampai ke pukul 19.00 api masih belum bisa di padamkan, mengingat sulitnya menuju lokasi titik api.
Sementara pada kondisi aliran-aliran sungai di kawasan tersebut juga sudah kering, MPA Wani Hangit pun harus menggunakan sepeda motor yang telah mereka desain membawa air dalam tanki isi 25 liter untuk menuju lokasi api. Peralatan pemadaman lainnya seperti kopyok juga mereka bawa.
Kholiq menambahkan, penambahan personil sebanyak 2 orang lagi dari MPA, dan motor pembawa tanki air pun di tambah juga menjadi 8 unit. Pemadaman manual hanya satu-satunya cara yang bisa dilakukan.
Jarak menuju titik api kurang lebih 7 km dari Desa Riam Pinang, dan karena tidak ada jalan menuju lokasi api, maka MPA Wani Hangit yang akan merintis jalan, namun untuk pemadaman akan dilanjutkan pada besok hari, tutup Kholiq.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook