POLITIK

Pemkab Bentuk Tim Desk Pemilu

INFOTANAHLAUT.COM-Mendekati Pemilu presiden dan Legislatif 2019, Pemkab Tanah Laut membentuk Tim Desk Pemilu 2019. Sebelum Tim Desk Pemilu bekerja di awali dengan menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Desk Pemilu Tahun 2019 Rabu, (10/4/2019) di aula Pencerahan Bappeda Tala.
Rakor di hadiri segenap stake holder dan jalannya rakor di pimpin Sekda Tala Drs.Syahrian Nurdin. Sekda sedikit memberikan gambaran tentang Tim Desk Pemilu 2019, dimana tim fungsinya hanya membantu tugas dan fungsi dari KPU dan Bawaslu. Tim hanya melakukan pemantauan dan melaporkan kejadian-kejadian yang terkait dengan pelaksanaan Pemilu, sedangkan tindakan operasionalnya tetap dilakukan oleh KPU dan Bawaslu. Apabila KPU dan Bawaslu menginginkan bantuan Pemerintah Daerah, maka tim dapat menjembatani hal tersebut.
Rakor juga di hadiri Kabag Tata Pemerintahan, Sekretaris KPU, Bawaslu Kabupaten Tanah Laut, Badan Kesbangpol, beberapa camat, Plt Kasatpol PP dan Damkar, Dishub, Polres Tanah Laut dan bagian hubungan masyarakat dan protokol Setda Tala.
Di utarakan bagian Tata Pemerintahan, segera melakukan pembagian anggota Tim Desk Pemilu sesuai dengan zona-zona yang telah di tentukan untuk melakukan pemantauan. Pada saat melakukan pemantauan, tim pun mengenakan pakaian khususu Tim Desk Pemilu.
Di utarakan pula oleh Aan Norhuda selaku Sekretaris KPU. Langkah selanjutnya membentuk panitia di setiap TPS yaitu sebanyak 1.037 KPPS, termasuk petugas keamanannya sebanyak 2 orang per TPS.
Hal senada di utrakan pula oleh Bawaslu Kabupaten Tanah Laut. Bawaslu pada prinsipnya sudah melakukan kegiatan pembekalan PPDK Pemilu serta bimtek pemilu yang tersebar di semua kecamatan. Terkait penertiban Alat Peraga Kampanye (APK), tim yang turun di lapangan yaitu dari jajaran Kepolisian, Satpol PP dan Panwascam. Termasuk himbauan terkait larangan Politik Uang (money politic), hoax serta netralitas sudah intens dilakukan di desa-desa. Bawaslu saat ini fokus untuk melakukan pengawasan distribusi logistik di daerah-daerah terpencil.
Pada kesempatan rakor, Plt Kasatpol PP dan Damkar mengutarakan, segara mendirikan Posko Linmas di kecamatan dengan personil sebanyak 10 orang, dan Posko Linmas di desa dengan personil 7 orang yang bertugas selama 3 hari. Anggota Linmas tersebut tidak termasuk anggota Linmas di TPS yang di tempatkan oleh KPU.(Mul)

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook