PUBLIK

Pencerahan Tentang Olahraga Kedewan

INFOTANAHLAUT.COM-Keolah ragaan di Kabupaten Tanah Laut tidak semata hanya pada Komite Olahraha Nasional Indonesia (KONI),namun ada juga di bawah binaan Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora).
Untuk itulah,oleh Dispora Tala memberikan pemahanan tentang keolahragaan kepada DPRD Taoa khususnya komisi 2.
Senin (27/1) kemarin Komisi 2 DPRD Tala dan Dispora melaksankan rapat kerja. Dalam rapat kerja di bahas tentang keolahragaan di Kabupaten Tanah Laut.
Kabid Olah Raga Rudi Imtihansyah,Selasa (28/1) mengungkapkan,rapat kerja dengan komisi 2 membahas tentanh strategi program kerja Dispora,baik pengembangan potensi olahraga dan pemuda serta kepanduan.
Pada bidang olaharaga,menggali informasi khusus olaharaga dengan KONI Tala. Terkait penggunaan dan pembinaan Koni dan Dispora. Yang di sampaikan olah raga itu tidak semata prestasi,olah raga sejatinya di bagi 3 yakni olahraga Pendidikan,Rekreasi dan Prestasi.
“3 hal tersebut yang harus di fokuskan, Olaraga Pendidikan ranahnya Dispora,Olah raga Prestasi ranahnya Koni dan olah raga Rekreasi ranahnya Formi (Federasi Olarahga Rekreasi Masyarakat Indonesia) Tala. Maka wajib oleh Pemkab Tala melaksanakan pembinaan,”kata Rudi.
Dari hasil rapat kerja maka di tindak lanjuti oleh masing-masing organisasi,dengan mengundang Koni dan selurih cabang olah raga,dan Dispora sendiri untuk menggali informasi dan masukan terkait pembinaan dari Dispora dan KONI.
“Masing-masing ada target,KONI juga akan di tanyakan kesiapan Porprov tahun 2021 di HSS,”ungkap Rudi pula.
Dalam rapat kerja kemarin Dispora juga menyampaikan 3 hal tadi,karena di dalamnya ada pembinaan sebanyak 6 item pembinaan tambahannya seperti olah raga amatir,profesional dan penyandang cacat yang harus di perhatikan terkait pembinaan dan pengembangnan oleh Pemkab Tala.
Selama ini Dispora melaksanakan pembinaan untuk pelajar dan olah raga rekreasi dan sebagian penyandang cacat.
Program kerja dan target yang ingin di capai selama 5 tahun di tanya komisi 2.
Menurut Rudi,akan di buat Grand design olahraga dan di sampaikan ke komisi 2. Berharap di tahun 2025 mendatang Kabupaten Tanah Laut siap jadi tuan rumah pelaksanaan Porprov.
Namun untuk menuju tuan rumah di butuhkan persiapan atlet,pembinaan seperti apa,pelatih apakah sudah berstandar nasional,sarananya,kegiatan pendukng lainnya misalnya try out menggelar kejuaraan atau mengikuti kejuaraan,dan perhatikan kesejehteraan atlet,termasuk asupan makanan gizi atlet.
Rudi berharap,mudahan dalam penyusunan anggaran di tahun 2021 bisa dapat capaian,karena juga akan merangkul National Paralympic Comite (NPC),KONI dan Formi untuk menindak lanjuti raker bersama komisi 2.
Saat ini pada Dispora Tala baru saja selesai melakukan seleski Popda,dengan mengundang sekolah-sekolah SMP Dan SMA se Tala. Penrkanannya seleksi atlet kelahiran maksimal 1 Januari 2003,untuk selanjutnya persiapan menuju Popda bulan April di Banjarmasin.
Ada 8 cabang olahraga nantinya yang di ikuti pada Popda,yakni sepak bola,voly,basket,bulu tangkis,tenis meja,takraw,tenis lapangan dan pencak silat,namun pada cabang pencak silat,sepak bola dan voly yang jadi cabang unggulan.Tung

2
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook