KESEHATAN

Pengelolaan Puskesmas Pakai Sistem BLUD

INFOTANAHLAUT.COM-Empat buah UPT Puskesmas di Tala yang telah di siapkan menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), yakni UPT Puskesmas Kurau, UPT Puskesmas Bati-Bati, UPT Puskesmas Angsau dan UPT Puskesmas Tajau Pecah. Namun tentunya harus melalui tahapan penilain dari tim penilai.
Sejalan dengan itu, Bupati Tanah Laut H. Sukamta dan Wakil Bupati Tala Abdi Rahman menghadiri sidang Tim Penilai BLUD Puskesmas di aula Barakat kantor Sekretariat Daerah Tala lantai 2, Sabtu (13/7) kemarin.
Sidang tersebut sendiri terkait tentang penilaian yang langsung di pimpin oleh Sekretaris Daerah Tala H. Syahrian Nurdin yang juga sebagai ketua Tim Penilai BLUD Puskesmas Kabupaten Tanah Laut.
Syahrian Nurdin mengatakan, ada empat Puskesmas di Tala yang akan memiliki pola pengelolaan keuangan BLUD, pihaknya sudah melakukan penilaian terhadap keempat Puskesmas tersebut.
“Hal yang menyangkut ke administrasian yang sudah di periksa dan nilai, dan persyaratannya pun telah terpenuhi sesuai dengan Permendagri nomor 61 Tahun 2007,” kata Sekda.
Syahrian Nurdin juga mengaku sangat mengapresiasi kinerja dari Tim Penilai BLUD Puskesmas Tala karena dalam beberapa bulan terakhir sudah bekerja keras untuk mewujudkan pengelolaan BLUD untuk ke empat Puskesmas yang akan menjadi BLUD.
Ia juga mengharapkan, dalam beberapa bulan kedepan 15 Puskesmas lainnya se Tala mampu mengikuti jejak dari ke empat Puskesmas yang akan di jadikan BLUD tersebut.
Puskesmas nanti selain memiliki pola pengelolaan keuangan BLUD, juga memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat merupakan tanggung jawab.
Sementara itu bupati Tala H.Sukamta mengatakan, dengan pengelolaan keuangan BLUD di harapkan ke empat Puskesmas tersebut lebih leluasa dalam bergerak serta merespon persoalan di masyarakat dengan lebih mudah, karena sistem kelola BLUD yang lebih fleksibel dan mudah.
Sukamta juga berpesan, mungkin nanti di awal akan sulit dalam sistem pengelolaan BLUD, namun hal itu adalah suatu tantangan saat memulai sebuah inovasi yang baru.
Jika masyarakat banyak berkomentar negatif mungkin mereka hanya belum tahu apa yang sebenarnya di kerjakan.
“mari semua berlari cepat, bekerja dengan cepat dan tepat untuk pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat, kelak 20 atau 30 tahun kedepan hasil kerja ini akan diNkenang,”tutup Sukamta.
Dalam sidang tersebut juga dilakukan pemaparan inovasi pelayanan dari ke empat Puskesmas serta penandatangan naskah berita acara oleh Ketua Tim BLUD Puskesmas Tala Syahrian Nurdin yang di saksikan oleh bupati dan Wakil Bupati Tala, dan juga pemotongan tumpeng oleh Bupati Tala .
Pada sidang tersebut juga berhadir unsur SKPD terkait, para Kepala Puskesmas se Tala, para anggota Tim Penilai BLUD Puskesmas Tala.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook