KODIM 1009 TALA

Pengerjaan TMMD Dipantau Langsung

INFOTANAHLAUT.COM-TNI Manungggal Membangun Desa (TMMD) ke 104, Selasa (26/2/2019) resmi di buka oleh bupati Tala H.Sukamta lewat gelar apel di lapangan sepak bola di Desa Martadah Baru Kecamatan Tambang Ulang.
Dalam gelar apel bertindak selaku komandan upacara Kapten Inf Tarya dari Kodim 1009 Pelaihari, dan inspektur upacara bupati Tala. Para peserta apel dari TNI,AD, AU, AL, Polres Tala, Senkom, pelajar dan grup pencak silat Sehati dari Desa Martadah Baru.
Komandan upacara Kepten Inf Tarya menyampaikan kegiatan pada pra TMMD baik yang fisik maupun non fisik yakni sasaran pokok pembuatan badan jalan sepanjang 1.580 x 4 meter, pembuatan siring sepanjang 100 x 2 pada bahu jalan kanan dan kiri, pembuatan drainase sepanjang 800 meter x 2 kanan dan kiri. Kemudian sasaran tambahan rehab 1 buah musola, rehab 1 buah Taman Pendidikan Al’quran, dan bedah rumah 1 buah ukuran 6 x 5 meter persegi.
Sementara untuk non fisiknya berupa bakti sosial berupa pengobatan massal, khitanan massal, pemasangan alat kontrasepsi KB, dan donor darah. Di tambah dengan penyuluhan KB, Kesehatan, Pertanian, Peternakan, Undang-Undang Lalu Lintas, narkoba, bela negara, Perkebunan, Karhutla dan rekruitmen Prajurit.
Di penghujung apel di sajikan atraksi pencak silat Sehati dari Desa Martadah Baru baik menggunakan tangan kosong maupun menggunakan senjata tajam. Di sajikan pula ketangkasan pasukan pemadam kebakaran dari Sat Pol PP dan Damkar Tala dalam hal melakukan pemadaman kebakaran. Di serahkan pula secara simbolis peralatan bekerja seperti sekop dan cangkul kepada anggota TNI, Polri dan masyarakat, serta di serahkan 10 buah paket sembako kepada para lanjut usia.
Melengkapi pembukaan TMMD di lanjutkan dengan peninjauan kelokasi yang tengah di kerjakan oleh TNI dan masyarakat oleh bupati Tala, Dandim dan pejabat di jajaran Danrem 101 Antasari, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Tala mengunakan motor trail, seperti pembukaan jalan pertanian warga yang melewati perkebunan kelapa sawit dan karet, melihat rumah Napsiah di Rt 9 yang sejak tahun 1992 menetap dan akan di bedah rumahnya. Di lanjutkan melihat pengerjaan drainase yang tengah di kerjakan warga dan TNI, TPA Darus Salam, dan musola Darul Ulum.
Usai melihat-lihat pengerjaan fisik, bupati Tala H.Sukamta kepada awak media mengatakan, setelah semua di lihat di lapangan, dan semua yang telah di rencanakan baik yang infrastruktur maupun yang non fisiknya semua berjalan dengan baik dan dengan partisipasi masyarakat.
“Inilah membangun kebersamaan warga untuk menatap masa depan yang lebih baik lagi,”kata bupati Tala.
Bupati Tala menambahkan, setelah nanti giat TMMD selesai, itu semua menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Tanah Laut.
Saat di singgung adanya aspirasi warga ketika kelak jalan ke perkebunan sudah mulus teraspal, namun menghindari kerusakan akibat angkutan berat, menurut bupati Tala kedepannya di pasang rambu dengan koordinasi bersama Dinas Perhubungan untuk pasang rambu berapa kekuatan maksimal jalan tersebut, sehingga dari penegak hukum dari Satlantas kalau memang ada razia bisa ambil tindakan karena pelanggarannya jelas, itulah upaya-upaya yang dilakukan bersama Dinas Perbuhungan, ujarnya.
Sementara itu Dandim Kodim 1009 Pelaihari Letkol Inf Bagus Budi Adrianto mengungkapkan giat TMMD target dalam 1 bulan selesai dengan mengerahkan Satgas Kompi 150 orang di bantu oleh masyarakat yang di kerahkan kepala desa setempat, dimana setiap harinya ada 45 orang di kerahkan, sementara untuk materialnya pembelian dari Kodim 1009 Pelaihari berikut dengan pengerjaannya, tutup Damdim.
Pada pembukaan TTMD turut di hadiri Danrem 101/Antasari Kolonel Inf M.S.Ismed, Pasahli Kodam VI/Mulawarman Kolonel Inf Eko Astono J. Kalimantoro, Danlanal Kolonel laut kol laut (P) Wijayanto,SE, Danlanud yang di wakili Letda Didik S, Dandenkesyah BJM Letkol Ckm Sukargi, DandenHub Rem 101/Antasari Letkol CHB Kumala Dewa, Danyonif 623/Bwu Letkol Inf Roy Fahturroji, Danden Zibang Rem 101/Antasari Mayor Czi Tri Priyo Utomo, Dandim 1007/Banjaemasin, Dandim 1022/Tanah Bumbu, Dandim 1005/Marabahan, Dandim 1004/Kotabaru, Kapolres Tala AKBP Sentot Adi Darmawan S.Ik, Ketua DPRD Tanah Laut Hariyanto, Ketua Pengadilan Negeri Tala Drs M. Amrullah SH.MH, kepala SKPD Kabupaten Tanah Laut dan tokoh masyarakat, tokoh agama warga setempat.
TMMD ke 104 sendiri akan berakhir pada tanggal 27 Maret 2019 mendatang. Pada tahap perencanaan dari bulan Januari sampai bulan November 2018, dan tahap persiapan dari bulan Januari sampai Februari 2019.Tung

2
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook