PEMKAB TALA

Penghargaan Atas Kabupaten Layak Anak

INFOTANAHLAUT.COM-Tahun ini Kabupaten Tanah Laut mendapat penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI.
Penghargaan di berikan ke Tala karena di nilai yelah menerapkan ruang layak anak di selolah, kantor, Perpustakaan hingga Puskesmas, sehingha di ganjar penghargaan sebagai Kabupaten/kota Layak Anak (KLA) Kategori Pratama.
Penghargaan di serahkan langsung oleh Menteri PPPA RI Yohana Susana Yembise kepada Bupati Tanah Laut H. Sukamta, Selasa (23/07) malam, di Four Points Rappocini Makassar, Sulawesi Selatan.
Yohana Susana Yembise mengatakan, penghargaan tidaklah mudah karena butuh komitmen dari Pemerintah Kabupaten/Kota.
“Penghargaan KLA menilai sejauh mana komitmen Pemkab maupun Pemkot terhadap anak, terkhusus perlindungan dan pemenuhan hak dan tumbuh kembang anak. KLA buah kerjasama dari SKPD yang ada di Pemkab yang menjabarkan urusan anak dan perempuan sebagai urusan wajib pemerintahan daerah,”jelasnya.
Tahun ini lanjut Yohana, ada peningkatan dari pada tahun lalu dimana pada tahun 2018 sebanyak 177 kabupaten/kota yang menerima penghargaan, tahun ini ada 247 kabupaten kota mendapat penghargaan, atau terjadi peningkatan 40 persen lebih.
Selain penghargaan kabupaten kota, Kementrian PPPA juga memberikan penghargaan tingkat Provinsi, kategori Propinsi Pelopor Layak anak.
Bupati Tanah Laut H Sukamta mengatakan penghargaan merupakan kehormatan dan sekaligus bentuk komitmen dalam menumbuh kembangkan anak.
Melalui penerapan di sekolah-sekolah tingkat TK, SD, dan SMP. Selain itu di ruang publik pelayanan seperti Puskesmas dan Perpustakaan.
“Hak-hak anak harus terpenuhi, sebab itu adalah bagian dari mempersiapkan generasi yang baik bagi lingkungan juga bangsa dan negara,”kata Sukamta.
Namun, lanjut Sukamta tumbuh generasi yang berkarakter lantaran di tempa sejak dari kecil dan pemenuhan hak-hak anak terpenuhi. Yang paling penting juga para orang tua harus menjaga anak-anak jangan sampai terjadi ekploitasi anak, karena akan berpengaruh terhadap tumbu kembang anak dan phisikologis anak terganggu.
Sukamta kembali menjelaskan, penghargaan kedua kalinya bagi Kabupaten Tanah Laut dalam kategori Pratama. Kedepan semoga dapat kembali penghargaan kategori Madya.
“Pemkab akan terus berbenah mempersiapkan dan memperbaiki fasilitas ruang-ruang taman anak. Begitu juga di setiap SKPD harus mencerminkan kebutuhan anak itu sendiri, tutup Sukamta.
Seperti di ketahui KLA adalah Kabupaten/Kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak dan perlindungan anak.
Acara tersebut juga turut di hadiri Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A)Tala Ir Wiyanto, kepala Bappeda Adres Evony.Tung

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook