PEMKAB TALA

Pengukuran Pelebaran Jalan Dipantau Sekda

INFOTANAHLAUT.COM- Sektetaris Daerah (Sekda) Tala Drs.Syahrian Nurdin, Kamis (15/3) sore sekitar pukul 16.00 wita turun dari kantornya dan mengajak Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) khususnya bidang Bina Marga beserta jajarannya turun ke jalan A.Yani atau dari tugu Angsau dan menyusuri hingga sampai kantor Kelurahan Pabahanan terkait pelebaran jalan.
Pelebaran jalan sebelumnya sudah dilakukan Pemkab Tala mulai dari tugu PKK (Samping Polres Tala) hingga persimpangan tugu Angsau, dan pelebaran akan di teruskan sampai ke rest area gunung Kayangan.
Kabid Bina Marga Mirza Fazrina beserta beberapa orang stafnya bersama Sekda kala itu melakukan pengamatan seiring dengan adanya rencana pelebaran jalan dari mulai simpang tiga tugu Angsau hingga sampai ke jalur rest area gunung Kayangan.
Secara tehnis, pelebaran jalan ini sendiri akan bervariasi lebarnya mulai dari 1 meter hingga sampai 2 meter pada bagian kanan dan kiri jalan, tergantung pada kondisi lokasi pelebaran yang di lalui.
Pengukuran untuk pelebaran pun dilakukan oleh staf Bina Marga, mulai dari titik awal tugu Angsau hingga sampai kantor Kelurahan Pabahanan. Di jalur tersebut karena di nilai rawan, dalam artian aka nada sejumlah pepohonan yang nantinya harus di tebang karena terkena pengerjaan pelebaran jalan.
Di dampingi Kabid Bina Marga Mirza Fazrina, Sekda Tala Drs.Syahrian Nurdin mengatakan, terkait dengan rencana Pemkab Tanah Laut untuk melebarkan jalan A.Yani ini dengan jarak kurang lebih 8 km.
Memang, kata Sekda belum dilakukan sosialisasi kemasyarakat, namun dari aspek perencanaan telah tersusun sejak tahun 2014, akan tetapi belum bisa terealisasi.
Di jelaskan pula, jalan A.Yani merupakan jalan penghubung antar kabupaten atau jalan nasional dan kewenangan sepenuhnya untuk pelebaran adalah berada di Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (B2PJN) yang ada di provinsi.
“kabupaten hanya menyiapkan rencana pelebaran dan selanjutnya di bahas bersama provinsi dan pihak terkait lainnya dalam rangka pelebaran tersebut,”kata Sekda.
Pengukuran ulang secara detail akan dilakukan kembali oleh bidang Bina Marga, karena masih belum bisa di tentukan atau belum dilakukan hitung-hitungan anggaran dalam pelebaran, baru setelah itu dilakukan sosialisasi.
Dari pemantauan sekilas, untuk pelebaran jalan tidak ada tanah atau lahan warga yang terkena pelebaran karena lebarnya masih berada di sekitar badan jalan dan pastinya anggaran juga belum bisa di patok berapa nilainya, karena kemungkinan akan ada sharing antara Pemkab Tala dan Pemprov Kalsel soal anggarannya.
Sekda berharap bahwa hal ini merupakan program Pemkab Tanah Laut sehingga menjadi harapan besar komitmen seluruh masyarakat untuk memberikan dukungan terhadap pelebaran jalan ini, dalam arti kata sumbangan atau partisipasi pemikiran, tenaga agar program ini berjalan lancar.
Pada sisi lain jangka panjang turut mendukung adanya kawasan strategi nasional, dengan mulai di bangunnya pelabuhan di Swarangan Kecamatan Jorong, di tambah pembangunan rumah sakit, sehingga pada akhrinya semua dapat saling terkoneksi, tutupnya.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook